Kemerdekaan Dalam Mencintai Itu Sangat Penting

5
Istimewa : Eudoksia Susu

Opini Inspiratif

Oleh : Eudoksia Susu, Mahasiswa Unika Kupang.

Tahukah teman-teman bahwa pada saat ini, masih ada beberapa perempuan di dunia yang sedang mengalami kekerasan dalam pacaran.

Kekerasan dalam pacaran itu merupakan suatu tindakan kekerasan terhadap pasangan yang belum memiliki ikatan pernikahan.

Kita juga perlu mengetahui berbagai kekerasan dalam pacaran :

1. Kekerasan fisik, itu berupa tindakan mendorong, meninju ataupun mencakar pasangannya.
2. Kekerasan emosional biasanya berbentuk ancaman, penghinaan, mengawasi pasangan terus-menerus baik secara langsung maupun melalui media sosial.
3. Kekerasan ekonomi seperti memanfaatkan pasangannya untuk memenuhi semua keperluannya.
4. Kekerasan seksual yakni memaksakan pasangan untuk melakukan hubungan seksual.
5. Kekerasan membatasi aktifitas oleh pasangan. Hal ini banyak menghantui kaum perempuan dalam berpacaran, seperti padangan yang terlalu posesif, mengekang, curigaan, dan suka mengatur.

Teman-teman pasti sering tidak sadar dan terjeret pada poin ke 5 ini kan? sama saya juga. Dulunya saya sering beranggapan bahwa itu adalah salah satu bentuk kepedulian dari pasangan saya dan Ohh ternyata salah. Kita perlu tahu hal mana dulu yang harus dibatasi!. Kalau hal baik sih oke-oke aja.
contohnya cara berpakaian dan berbicara, karena terkadang kita suka blak-blakkan dan tidak kontrol. Jadi, itu perlu dikontrol oleh pasangan kita. Kalau soal ini, saya sih pasti ikut karena ini baik untuk saya.

Geng’s mulai sekarang kita harus sadar yaa, bahwa banyak pasangan yang setelah melakukan kekerasan langsung berubah dan berpura-pura baik dengan menunjukan sikap menyesal dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi dan kita cewe pun percaya dan masih menjalin hubungan pacaran seperti sebelumnya.
Hallo, orang yang pada dasarnya gemar bersikap kasar akan cenderung mengulangi hal yang sama karena itu merupakan kepribadian dan sikap dia dalam menghadapi masalah.

Loading...

cewe tahukan? Dampak apa yang ditimbulkan akibat kekerasan, kita bukan hanya mengalami luka psikologi, tetapi juga luka fisik dan bisa berujung kematian.

oh iya geng’s sebelum memilih untuk menjalin hubungan yang lebih serius kita harus kenali pasangan kita secara lebih mendalam. Dan apabila ketika kita rasakan ada kekerasan dalam hubungan pacaran, kita juga harus bisa mengambil sikap untuk tidak melanjutkan hubungan itu lagi.

Oh iya,, ini ada tips cantik untuk teman-teman yang mendapat perlakuan kasar dari pasangannya :
1. Buka pola pikir si cowo.
Yang dimaksudkan disini adalah kita memberikan pengetahuan kepada “dia” kalau cewe itu bukan budak yang diperlakukan seenaknya.
2. Lapor
Ini memang agak ekstrim ya geng’s. Tapi kalau dianya tidak berubah setelah dilakukan cara yang pertama ya mau tidak mau itu harus. Supaya dia punya efek jera dan tidak melakukan itu pada pasangan mana saja, dan itupun bisa jadi pembelajaran untuk pasangan lain. Cewekan bukan bola atau gong yang perlu ditendang atau dipukul.

Ini wajib dilakukan ya teman-teman supaya hal-hal buruk yang pernah terjadi tidak terulang lagi dikemudian hari. Saya yakin, teman-teman cewe saya yang tangguh dan bijak akan bisa melakukan hal ini.

Loading...

The end, mengakhiri tindakan kekerasan terhadap perempuan adalah kunci keberhasilan dalam kesetaraan gender, sehingga kaum perempuan juga mampu berpartisipasi dalam kehidupan politik, sosial, maupun ekonomi karena hal itulah yang menjadi penentu terciptanya generasi muda yang berkualitas.

Jadilah lelaki idaman, 25 Juli 2020

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat