Tolak Pabrik Garam Hingga Menjadi SAKTI Untuk Pilkada Malaka

Tolak Pabrik Garam Hingga Menjadi SAKTI Untuk Pilkada Malaka

62
Pilkada Malaka, Simon Nahak Mendaftar Ke Partai Gerindra 

Corpsnews,  Malaka – Nama Simon Nahak akhir – akhir ini menjadi buah bibir khalayak ramai di kabupaten Malaka. Simon Nahak adalah kader partai Perindo, bahkan pernah ikut kompetisi menjadi legislator di dapil 2 NTT, pada tahun 2019 lalu. Dia adalah seorang pengacara kondang di Bali yang juga aktif sebagai dosen hukum untuk beberapa universitas di Republik ini.

Putra asli Malaka ini pernah dengan tegas membela rakyat pesisir pantai selatan Malaka yang lahannya sempat digunakan untuk kepentingan tambak garam PT. IDK. Simon bahkan pernah bersama Walhni NTT melaporkan aksi penyerobotan dan pengrusakan hutan mangrove itu di Polda NTT. Saat itu, Simon Nahak adalah kuasa hukum masyarakat yang menolak tambak garam.

“Peristiwa pidana lingkungan telah terjadi di Kabupaten Malaka, sebagaimana bukti yang kita lihat bahwa wajah lingkungan tasik, tuik metik tuik sudah berubah total. Yang awalnya dipenuhi mangrove, gewang dan lainnya, yang seharusnya dilestarikan orang-orang PT. IDK,” kata Nahak, saat melaporkan PT.IDK di Polda NTT, (10/05/2019). (VoxNtt.com terbitan Tanggal 10/5/2019).

Kini sudah setahun berlalu, namun laporan masyarakat kabupaten Malaka yang dikuasakan ke Simon Nahak tidak berbuah manis. PT.IDK sampai detik ini masih beroperasi dan terkonfirmasi, belum ada hasil Garam yang dipanen oleh PT. IDK.

Tak berhenti di situ saja. Merasa terpanggil untuk masyarakat kabupaten Malaka, Simon Nahak pada satu kesempatan bersama keluarga besarnya, (08/06/2019) di Desa Bakiruk, Weluun, kecamatan Malaka Tengah, dia menyatakan untuk maju dalam perhelatan Pilkada Malaka.

” Saya merasa harus kembali ke tanah Malaka untuk membela rakyat yang tertindas. Saya nyatakan diri untuk maju sebagai calon Bupati untuk memberikan yang terbaik kepada rakyat Malaka. Mari kita berantas kebobrokan ini,” ujar Simon Nahak saat itu dengan nada tegas penuh semangat.

Sejak saat itu, Simon mulai berproses menuju Pilkada Malaka. Dirinya bersama tim keluarga, mulai melakukan loby partai politik. Terpantau, Simon Nahak mendaftarkan dirinya di beberapa partai politik.

Dalam proses itu, Simon Nahak juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat bergandengan dengan politisi muda, Kim Taolin, putra almarhum Ludovikus Taolin, mantan wakil bupati Belu. Mengusung paket SAKTI (Simon Nahak – Kim Taolin ) Simon bersama Kim mendaftarkan diri di partai PKB, Gerindra, PSI, Hanura dan Perindo. Sedangkan untuk partai PDI Perjuangan, Simon Nahak mendaftarkan dirinya sendiri.

Loading...

Dari beberapa partai politik tersebut, beberapa pekan lalu, berdasarkan informasi yang dihimpun, paket SAKTI ini akhirnya mendapatkan SK (Surat Keputusan) dari partai PSI, Perindo dan PKB.

Surat Keputusan (SK) dari beberapa parpol di atas adalah ‘jimat’ untuk bisa mendaftarkan paket SAKTI ke KPU Malaka nanti. Total persyaratannya sudah memenuhi kuota, pasalnya partai PKB memiliki 3 perwakilan di DPRD Malaka dan sisanya Perindo dan PSI masing-masing 1 kursi. Totalnya adalah 5 kursi di DPRD, yang mana sudah memenuhi syarat untuk mendaftar di KPU Malaka.

Untuk hal itu, Simon Nahak berkomentar bahwa saatnya sudah tiba untuk kita ganti pemimpin Sekarang.

” Saatnya jadi pemain bukan penonton lagi,” kata Simon Nahak diberbagai media online maupun media cetak.

Loading...

Sedangkan untuk SK dari PDI Perjuangan, Simon Nahak optimis bisa mendapatkan kuasa dari partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.

Simon secara singkat menyampaikan niatnya maju menjadi calon Bupati Malaka pada Pilkada tahun 2020, setelah mendapat dukungan dari keluarga, serta sejumlah tokoh adat dan masyarakat dari 12 kecamatan di kabupaten yang sedang dipimpin Stefanus Bria Seran itu.

“Saya sudah mensosialisasikan diri sejak enam bulan yang lalu, jika PDIP memberikan kuasa, maka perjuangan akan berlanjut, tim sukses dan keluarga akan siap melawan dan siap bekerja,” ungkap pengacara bergelar Doktor ini kepada wartawan.

Penulis : Fr. Morgan

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat