Diduga Hasil Kebun Milik Pemda Rokan Hulu  Di Kuasai Kades Batu Langka Secara Pribadi.

10

Rokan Hulu, Riau Corpnews.com, riau,-

Puluhan tahun Kebun Milik Pemda Rokan Hulu di kelola Kepala Desa Batu Langka, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu, Propinsi Riau, kini seolah-olah lahan tersebut tidak bertuan, Sehingga hasilnya semua diduga di kuasai kepala Desa Batu Langka (M. Nasir)

Saat wartawan Corpnews.com mengkonfirmasi Kepala Desa melalui Telepon seluler Sekdes Batu Langka (Erwin) Selasa 7/7/2020 yang langsung berkomunikasi dengan Kepala Desa Batu Langka (M.Nasir) mengakui bahwa,” permasalahan Kebun ini sudah jelas saat ini Saya (M.Nasir) yang kelola, memang sewaktu kepala Desa yang lama (Rusda Lubis) hasil kebun itu di setor setiap bulannya ke dinas pendapatan Rokan Hulu, kemudian pengelolaan itu beralih ke KNPI beberapa tahun, kemudian beralih lagi di kelola RSI,  setelah lepas dari RSI baru di serahkan kembali ke desa Batu Langka pada tahun 2017, setelah kami yang mengelola tidak pernah lagi ada setoran ke dinas pendapatan Rokan Hulu, alasannya karena dari dinas tidak mau terima setoran itu”, terang Kades (M.Nasir).

Saat Awak Media meminta keterangan dari kepala Desa (M.Nasir) Kemana hasil pendapatan Kebun Milik Pemda tersebut, kepala Desa menjawab”, hasilnya kami gunakan untuk biaya operasional perawatan, juga kami gunakan untuk kegiatan Pemuda  desa Batu Langka, kegiatan PKK, Kegiatan Camat, kegiatan Polsek, dan lain lain”, jelas Kades.

Selanjutnya Awak Media Corpnews.com. menanyakan kembali kepada Kepala Desa (M.Nasir), berapa hasil  kebun pemda tersebut perbulan, dan berapa anggaran biaya perawatan, dan berapa biaya pengelola setiap bulannya, kepala Desa (M.Nasir) mengatakan pendapatan perbulannya lebih kurang 36 ton perbulan dengan harga penjualan di atas Rp1000 perkilogram,  biaya pengeluaran tidak bisa saya (Kades) jelaskan Secara terperinci, dengan alasan tergantung kebutuhan.

Namun penjelasan kades biaya rutin, sudah ada, tapi secara terperinci saya tidak bisa menjelaskan, karena biaya yang dikeluarkan tergantung kegiatan”, jelas Kades.

Dari keterangan kades Batu Langka (M.Nasir), ada indikasi menutup nutupi sesuatu yang berkaitan dengan keuangan kebun milik Pemda Rohul tersebut.

Loading...

Hal ini patut diduga bahwa kepala Desa Batu Langka, telah menguasai sisa uang penghasilan kebun milik Pemda selama lebih kurang Empat tahun, seolah-olah hasil kebun tersebut menjadi milik pribadi, dimana saat wartawan mempertanyakan ke Rekening siapa di setor sisa pendapatan Kebun Pemda tersebut, kepala Desa  menjawab kami tidak setor ke Bank, uang saya yang pegang”, ucap Kades.

Pihak penegak Hukum perlu menulusuri kemana Dana pendapatan Kebun selama Empat tahun ini, kemana di gunakan kepala Desa Batu Langka dana itu, siapa saja yang memanfaatkan dana tersebut. Karena Kebun itu di biayai Negara, bukan milik kepala Desa Secara Pribadi.  (D.Harahap)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat