Rakor Perdana Via Daring; Bawaslu Malaka Siap Kawal Tahapan Pilkada Malaka 2020

Rakor Perdana Via Daring; Bawaslu Malaka Siap Kawal Tahapan Pilkada Malaka 2020

9

Corpsnews,Malaka – Setelah pengaktifan kembali Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (PANWASCAM), Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malaka menggelar Rapat Koordinasi (RAKOR) Melalui Aplikasi Zoom, Kamis 25/6/2020

Rapat Koordinasi (RAKOR) Tersebut melibatkan seluruh Panwascam se-Kabupaten Malaka, dan Pimpinan Bawaslu kabupaten Malaka sebagai Narasumber yaitu Ketua Bawaslu Malaka, Petrus Nahak Manek serta dua Orang anggota Bawaslu yaitu Petrus Kanisius Nahak dan Nadap Betty.

Ketua Bawaslu malaka Petrus Nahak Manek menyampaikan bahwa “Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama pada era baru ini yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten malaka kepada Panwascam yang ada di wilayah kabupaten malaka”

Lanjutnya, pada rapat via “Daring” Ketua Bawaslu kembali mengingatkan agar Panwascam tetap mempelajari aturan aturan Pemilu baik melalui Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) atau Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Perbawaslu), sehingga Panwascam benar-benar siap untuk menjalankan tugas-tugasnya dalam mengawasi seluruh tahapan pilkada yang sementara berlangsung.

Piter mengajak Panwascam untuk melakukan tindakan pencegahan khususnya pada persoalan mengenai netralitas pihak-pihak yang di larang berpolitik praktis seperti ASN,TNI/POLRI, Kepala Desa dan pihak lain yang dilarang oleh Undang-Undang.

Ketua Bawaslu menambahkan Semua tahapan yang di awasi harus di tuangkan dalam format model-A sehingaa menjadi pengangan pengawas untuk menindaklanjuti jika ada temuan pelanggaran.

Pengawas dapat mempersiapkan strategi pengawasan kedepan nya, sehingga semua tahapan harus dipastikan terlaksana sesuai dengan aturan yang berlaku, imbau Piter kepada semua anggota panwascam dalam Zoom meeting.

Anggota Bawaslu Malaka, Petrus Kanisius Nahak turut menegaskan untuk semua panwascam agar tetap patuhi protap covid 19 dalam melakukan pengawasan pada setiap tahapan dan dalam melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan.

Loading...

Perekrutan petugas pemuktahiran data pemilih(PPDP) akan di lakukan oleh KPU beserta jajarannya, oleh karena itu kita harus tetap siap dalam mengawasi setiap proses tahan akan dilakukan dengan tetap mematuhi protap Covid 19.

Kordinator devisi sumber daya manusia dan Organisasi(SDMO) Bawaslu malaka, Nadap Betry mengatakan, Bawaslu akan memfasilitasi alat pelindung diri(APD) untuk semua panwascam dan panwasdes untuk menunjang kerja-kerja pengawasan pada setiap tahapan proses pilkada yang akan di lakukan.

Alat pelindung diri(APD) yang di peruntukan kepada panwascam dan panwasdes dalam waktu dekat akan kita berikan.

Panwascam diharpakan secara aktif menghimbau dan memberikan saran kepada masyarakat agar tetap mematuhi protap covid 19 dalam setiap proses tahapan pilkada, sambil menanti terbitnya PKPU yang mengatur untuk teknis pelaksanaannya, sehingga kita mempunya dasar untuk mengawasi dan menindak jika ada penyelenggara pemilu maupun masyarakat yang tidak mentaati protap covid 19 yang ada.’ Tutup Nadap

Loading...

Corpsnews/X’Men

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat