SELAMAT DATANG
MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
KADES DULOHUPA : PENANGANAN COVID 19 SIFATNYA INSIDENTIL.

KADES DULOHUPA : PENANGANAN COVID 19 SIFATNYA INSIDENTIL.

9

CORPS NEWS, GORONTALO – Pergeseran anggaran Dana Desa, di Desa Dulohupa Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo mengacu pada Permendagri nomor 20 tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid 19 Di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Saat ditemui diruang kerjanya, Kepala Desa Dulohupa Hariyanto mengurai tentang penanganan Covid 19 kepada media Corps News Gorontalo (19/6/2020).

Berikut uraiannya,

Berdasarkan Permendagri nomor 20 tahun 2020, menjadi acuan bagi kami melakukan pergeseran anggaran Dana Desa. Permendagri tersebut bagi kami sifatnya tanggap darurat Covid.

Tanggap darurat Covid ini adalah sebuah kondisi yang sifatnya Insidentil.

Pergeseran tersebut juga kami tindak lanjuti dengan Perkades yang merupakan payung hukumnya. Dan sasaran anggaran yang digeser yakni silpa 2019 yang ditinggalkan oleh Penjabat kurang lebih 200 juta.

Tahap awal dana 100 juta telah kami cairkan dari Bank guna dibelanjakan untuk pengadaan sembako yang peruntukkannya buat masyarakat yang terdampak Pandemi Covid 19.

Selanjutnya untuk Bantuan Langsung Tunai yang dananya bersumber dari Dana Desa, Operasional Covid, dan alokasi anggaran untuk Gugus Tugas, kembali kami melakukan pergeseran anggaran.

Loading...

Khusus untuk penanganan Covid 19, dikelolah langsung oleh Gugus Tugas Desa. Baik pengadaan alat penyemprotan, disinfectant obat – obatan dan sarana penunjang lainnya yang tentunya dapat menopang kegiatan penanganan Covid 19 di Desa kami.

Alhamdulillah, sampai dengan hari ini, Desa Dulohupa “Zero” artinya bebas dari kasus Corona.

Dilain pihak Desa kami juga mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah yakni Bantuan Langsung Pangan Daerah (BLPD). Alhamdulillah bantuan tersebut, tersalur ke masyarakat Dulohupa.

Jika dipresentase, sekitar 80 persen warga saya yang tercofer oleh bantuan tersebut.

Loading...

Saya selaku Kepala Desa Dulohupa merasa hal tersebut merupakan wujud perhatian Pemerintah Daerah kepada masyarakat.

Kita semua tentu menyadari, paling tidak, Pandemi Covid 19 ini menjadi pembelajaran betapa pentingnya kerjasama antara Pemerintah dalam mengatasi setiap permasalahan, terang Hariyanto. (abduh hasan).

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat