SELAMAT DATANG
MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
TANGANI COVID 19, PEMDES SUKA DAMAI KEDEPANKAN ASAS KEPATUHAN.

TANGANI COVID 19, PEMDES SUKA DAMAI KEDEPANKAN ASAS KEPATUHAN.

9

CORPS NEWS, GORONTALO – Penanganan Covid 19 di Desa Suka Damai Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo tetap kedepankan asas kepatuhan.

Tidak ada yang mengira Pamdemi Covid 19 ini akan melanda Negeri ini. Bahkan dampak dari Pandemi tersebut, berimplikasi pada tatanan kebijakan Pemerintah Pusat sampai ke Pemerintah Desa.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Desa Suka Damai Husain Mukmin, S.PdI saat diwawancarai awak media Corps News Gorontalo diruang kerjanya (19/6/2020).

Lebih lanjut Husain mengurai tentang penanganan Covid 19 di Desa Suka Damai yang sejatinya membutuhkan dukungan anggaran dana Desa, itu bisa dilaksanakan namun tetap mengedepankan asas kepatuhan.

Alhamdulillah, dengan keluarnya Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 6 tahun 2020, barulah kemudian Pemdes Suka Damai melakukan pergeseran anggaran, pungkas Husain.

Dirinya menambahkan, bahwa awal pergeseran anggaran dalam rangka penanganan Covid 19 ini, digeser sebesar 61 juta Rupiah diperuntukkan untuk kegiatan pencegahan berupa pengadaan alat semprot, pengadaan cairan disinfectant, operasional penyemprotan di rumah – rumah penduduk, pengadaan Hand sanitizer, dan pembuatan Posko Siaga Covid.

Kemudian untuk penyaluran BLT Dana Desa, ujar Husain, pihaknya terlebih dahulu menggelar Musyawarah Desa Khusus, guna menentukan siapa saja Kepala Keluarga yang patut dan layak menerima BLT DD. Alhamdulillah dari hasil Musdessus, ada 126 Kepala Keluarga yang tercofer layak menerima BLT DD.

Namun seiring berjalannya realisasi penyaluran BLT DD, ternyata ada 5 orang penerima tidak lagi berada di Desa Suka Damai. Oleh karena itu, sambung Husain, pihaknya kembali menggelar musyawarah Desa khusus guna mengganti 5 orang tersebut.

Loading...

Data yang dikami, ungkap Husain, bahwa sebahagian besar Warga Suka Damai sudah tercofer oleh bantuan, khusus dimasa Pamdemi ini, baik melalui program BST, PKH, BPNTD, JPS, dan BLTDD. Masih ada tersisa 6 Kepala Keluarga yang belum tersentuh oleh program bantuan.

Insya Allah 6 orang yang belum tersentuh oleh bantuan tersebut, sesuai instruksi Kepala Desa Suka Damai, nanti akan diakomodir pada BLTDD tahap berikutnya, terang Sekdes Husain Mukmin, S.PdI. (abduh hasan)

 

 

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat