SELAMAT DATANG
MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
PROSES PENGELOLAAN DATA TETAP ONLINE DAN BISA DILAKUKAN DI KECAMATAN  DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TASIKMALAYA

PROSES PENGELOLAAN DATA TETAP ONLINE DAN BISA DILAKUKAN DI KECAMATAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TASIKMALAYA

15

Corpsnews.com Tasikmalaya:  Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya pada hari Senin tanggal (15/06/2020) sudah mulai memberlakukan permohonan pembuatan Kartu Keluarga (KK), akan menganti blangko Kartu Keluarga (KK) dengan menggunakan kertas hvs putih 80 gram dengan berukuran A4. Saat kami wawancara, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pengelolaan Data saudara UU Saepul Uyun membenarkan tentang pemberlakuan peraturan menteri dalam negeri No 109 Tahun 2019.

Pelayanan masyarakat terhadap pelayanan proses pengelolaan data seperti KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KTP, tetap dibuka tapi tetap mengedepankan protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Pengelolaan data di dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Tasikmalaya tetap menggunakan proses online. Untuk memudahkan pelayanan tersebut bagi masyarakat menghimbau agar mengurus tetang data seperti KK, KTP dan data lainnya bisa diurus di Kecamatan setempat. tidak perlu datang ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Tasikmalaya karena untuk mengurangi biaya transportasi. Ujar UU Saepul Uyun kepada awak media. Jadi diusahakan bagi daerah-daerah yang jauh seperti Cikatomas, Salawu, Cibalong, Karang Nunggal dan daerah lainnya cukup mengurus data di Kecamatan setempat.

Pengecualian mengurusi data seperti akta kelahiran, akta kematian, itu boleh dilakukan di dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Pengajuan dari masyarakat tetang pembuatan KTP cukup banyak, dengan ragam permasalahan yang berbeda seperti masa berlakunya sudah habis, perbaikan nama, dll.

Sesuai pasal 64 ayat (7a), huruf C undang-undang nomor 24 tahun 2013 mengamanatkan bahwa e-KTP untuk Warga Negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup. Dengan demikian e-KTP yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya.

 

KABIRO CORPS NEWS | Mumuh Kostaman, S.Kom

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat