Loading...
Pendidikan dalam Ruang Transendental

Pendidikan dalam Ruang Transendental

Pendidikan dalam Ruang Transendental

Oleh: Fokky Fuad Wasitaatmadja

Pendidikan hakikatnya adalah proses memahami kehendak Tuhan dalam diri manusia. Pendidikan bukan sekedar menuangkan gagasan ilmu ke dalam akal semata, tetapi juga membenamkan kebeningan di dalam hati. Ruhani manusia adalah sebuah ruang tak bertepi di mana cahaya ar-Rahman dan ar-Rahim bersemayam. Disitu ia berhubungan dengan akal yang mengarahkan manusia menuju cahaya-cahaya kebenaran.

Pendidikan sebagai sebuah proses transfer ilmu pengetahuan juga gagasan, ide, pemikiran serta unjuk kreativitas manusia sejatinya menjadikan manusia lebih memahami posisinya dihadapan Tuhan. Bahwa manusia memahami bagaimana dan untuk apa ia ada. Ide ruhani Ketuhanan tidaklah lepas dalam proses memahami tersebut. Tidak sekedar menunjukkan objek-objek benda di hadapan manusia, tetapi dibalik pemahaman atas objek itu ada Kuasa Illahiah yang menggerakkannya, serta mewujudkannya. Maka memahami kehendakNya di dalam sebuah konsep ilmu pengetahuan adalah mendidik sebuah mentalitas manusia.

Mendidik mentalitas bukan sekedar menyuntikkan pengetahuan, tetapi mengintegrasikan adab moralitas ke dalam ruang ide manusia terdalam. Belajar akan ilmu bukan hanya memahami pengetahuan, tetapi juga belajar arti sebuah keutamaan akhlaq. Ilmu bukanlah lembaran ijazah atau sertifikat. Ilmu adalah seperangkat nilai mentalitas etik manusia. Untuk itu manusia belajar, mendidik diri untuk memahami eksistensi dan hakikat-hakikat manusia dalam memandang sesamanya, lingkungannya, dan yang utama adalah melihat dan memahami hubungan dirinya secara transendental dengan Tuhannya (Qs.[96]:1-5).

Loading...

Hadirnya Ramadhan ini juga bentuk mendidik kesadaran manusia. Ia adalah proses memahamkan kesadaran akan jati diri manusia terdalam dihadapan Tuhannya. Ramadhan ini juga berproses mendidik manusia bahwa bumi bukan hanya entitas kesadaran atas ego. Bukan hanya apa yang hadir dalam wujud kebendaan yang ingin kita miliki. Tetapi kesadaran akan adanya kasih sayang Tuhan yang ingin kita hadirkan dalam diri kita.

Terimakasih untuk para guru yang telah menuangkan ilmunya dalam pengabdiannya kepada Tuhan dan demi kemajuan peradaban manusia.

Selamat Hari Pendidikan Nasional
2 Mei 2020

Loading...

(**)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

One thought on “Pendidikan dalam Ruang Transendental

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat