Loading...
KRIMINALITAS MENINGKAT SAAT COVID-19; ANAK-ANAK PRIOK DEKLARASIKAN SATGAS ANTI BEGAL

KRIMINALITAS MENINGKAT SAAT COVID-19; ANAK-ANAK PRIOK DEKLARASIKAN SATGAS ANTI BEGAL

CORPSNEWS,  JAKARTA – Pandemi covid-19 yang telah menghantui Jakarta, Indonesia dan Dunia, telah menyulitkan banyak orang. Keadaan yang susah ini semakin terasa mendalam Ketika angka kriminalitas meningkat diberbagai wilayah, khususnya di Kawasan Jakarta Utara.

Dan Sehubungan dengan semakin maraknya Tindak Kriminalitas yang terjadi di Ibukota, khususnya aksi Begal. Maka Sebagian Warga Ibukota di Jakarta Utara menjadi prihatin. Selain turut memerangi covid-19 terutama dalam menunjukan kepedulian pada para warga terdampak covid-19. Maka para relawan yang berasal dari organ Priok Bersatu, Komando barisan rakyat (KOBAR) dengan di dukung oleh Komando Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia (Konas Menwa) dan Dewan Pimpinan Pusat DPP KNPI menyelenggarakan bakti sosial makan siang gratis bersama warga terdampak di kecamatan Koja jakarta Utara pada 19 April 2020.

BACA JUGA: Marak kejahatan jalanan Satgas Anti Begal (SAB) di deklarasikan

Dalam kesempatan itu tercetus gagasan untuk membentuk semacam satgas relawan guna memerangi aksi kriminalitas yang marak saat ini. Maka selanjutnya kolaborasi unik antara elemen dan organ tingkat nasional dan beberapa organ lingkup lokal ini, dalam perkembangannya mengajak berbagai Komunitas dan Organisasi Masyarakat di Jakarta Utara Untuk membantu warga dan pemerintah guna meminimalisir bahkan turut serta memberantas Aksi Pembegalan yang sangat meresahkan Warga Jakarta Utara.

Langkah Pembentukan Satgas relawan ini terus di galang dengan menyatukan Persepsi berbagai Komunitas di Jakarta Utara yang sepaham untuk memerangi kriminalitas yang berpotensi besar di saat pandemic covid-19 ini. Selanjutnya pada tanggal 21 April 2020 di Masjid Babah Alun, Papanggo tercipta komunikasi lebih intensif antar empat organ ini. Dan intensitas nya makin mengkristal dengan mengajak sekitar 38 organisasi dan komunitas lainnya. Kemudian di Cilincing, pada tanggal 24 April 2020, terbentuklah kesamaan pandangan untuk membuat suatu organ relawan taktis yang dinamakan “SATGAS ANTI BEGAL”.

Foto : (kiri) AKMAL FASYA Koordinator Umum Satgas Anti Begal , (Tengah) ERWIN H. AL JAKARTATY Wakil Komandan Konas Menwa Indonesia dan (Kanan) Ketua Umum Barisan Rakyat ( KOBAR ) RIJAL, saat pembentukan Relawan Satuan Tugas Anti Begal
Loading...

Dihadapan pimpinan organisasi Komando Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia dan Komando Rakyat Bersatu dimana hadir Wadan Konas Menwa Indonesia Erwin H. Al-Jakartaty, Kepala Staf Menwa Indonesia, M. Arwani Denny, Wadan Menwa Jayakarta, Emmanuel Kota dan Ketua Umum KOBAR Rijal serta sepengetahuan Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama, yang di fasilitasi pertemuan yang diadakan dengan standar protocol covid-19 oleh Ketua Umum Priok Bersatu, Edo Hartono maka dengan suara bulat perwakilan-perwakilan komunitas dan organisasi menunjuk Saudara Akmal Fasya (seorang Pengusaha yang Alumni Menwa dan Dewan Penasehat Priok Bersatu sebagai Kordinator Umum Relawan Satgas Anti Begal.

Selanjutnya “anak-anak Priok” ini mendeklarasikan SATGAS ANTI BEGAL pada 28 April 2020 di Cilincing. Berbagai organisasi pun sepakat mengirimkan relawannya untuk tergabung dalam kesatgasan ini. Seperti Priok Bersatu, Kobar, Menwa Jayakarta, KNPI, FKPPI Jakarta Utara, Geprindo, BPPKB Kel Papanggo, Komunitas Priok Bersatu, IKAPRI, Maxi Community, Forsira, Yagapri, Pemuda Utara, Sehaty Front Utara, PPWP Jakarta Utara, Ciber, dan lain-lain.

Menurut Akmal Fasya, Kordinator Umum Satgas Anti Begal, Tujuan Satgas Anti Begal ini adalah meminimalisir kriminalitas yang melanda Kawasan Jakarta Utara.

Loading...

“Dalam aksinya nanti Satgas ini diawali dengan langkah Pembentukan Posko-Posko Satgas Anti Begal di setiap titik titik Rawan, Kemudian melakukan langkah penjagaan secara berkala di setiap wilayah. Aktifitas ini dilakukan dengan Swadaya Bersama semua Komunitas dan Organisasi yang akan selalu berkordinasi dengan DPP KNPI dan Konas Menwa Indonesia dalam lingkup nasionalnya. Langkah Teknis Pelaksanaan aksi ini juga dilakukan dengan memberdayakan Anggota Komunitas dan Organisasi yang terlibat Penjagaan dan Patroli keliling dilingkungan masing-masing,” kata Akmal Fasya menjelaskan seusai deklarasi.

Satgas Anti Begal juga akan mendorong peningkatan siskamling dilingkungan pemukiman warga dan juga memonitor perkembangan keamanan di Jalan-jalan raya. Bahkan ditempat yang tidak Terjamah keramaian atau bahkan terkesan Sepi dan Sangat Berpotensi terjadinya Tindak Kriminalitas bahkan Pembegalan. Terlebih di masa pemberlakuan Pambatasan Sosisal Berskala Besar (PSBB) di ibukota saat ini.

Di konfirmasi di tempat terpisah, Wadan Konas Menwa Indonesia, Erwin H. Al-Jakartaty mengatakan bahwa pada prinsipnya apa yang dilakukan berbagai elemen organisasi yang membentuk kesatgasan anti begal itu merupakan bagian dari aksi bela negara melawan covid-19. Karena kawanan begal yang muncul adalah bagian dari ekses sosial pandemi ini, dan ikut mecegah atau menumpas begal itu berarti turut peduli membantu menciptakan lingkungan yang aman dan damai.

“Selanjutnya kami berharap bahwa dengan terbentuknya Satgas ini adalah juga untuk mendukung Program Pemerintah dan Aparat Keamanan, terkait dalam menciptakan Situasi dan Kondisi Wilayah Jakarta yang Aman, Tertib, dan lebih Kondusif selama masa perang melawan coronavirus ini,” demikian kata Erwin H. Al-Jakartaty yang juga fungsionari FKDM DKI Jakarta ini menutup pembicaraan.

Loading...

Hal senada disampaikan oleh Rijal, Ketua Umum Kobar. “Selamat dan sukses atas dideklarasikannya Satgas Anti Begal ini dan semoga dalam operasionalnya nanti tetap mengedepankan dan taat pada hukum positif yg berlaku di negara kesatuan Republik Indonesia,” kata Rijal.

Semoga kehadiran Satgas Anti Begal ini bisa turut menciptakan suasana yang aman dan kondusif di Jakarta Utara selama masa pandemi covid ini. Dan semoga pula wabah penyakit ini semoga cepat berakhir.(**)

Editor: Sophie Supriatin

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat