TASKFORCES MENWA INDONESIA LAWAN COVID-19 BERSAMA KEMENHAN RI GELAR BAKSOS

TASKFORCES MENWA INDONESIA LAWAN COVID-19 BERSAMA KEMENHAN RI GELAR BAKSOS

68

CORPSNEWS,  JAKARTA – Aktifitas Taskforces Menwa Indonesia Lawan Covid-19 sebagai Organ relawan taktis yang dibentuk oleh Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Konas Menwa) Indonesia dalam turut melakukan upaya pencegahan dan penanganan covid-19 selama hampir tiga bulan terakhir cukup massif. Diantaranya melakukan pelatihan relawan anti covid, penyemprotan disinfektan hingga serangkaian bakti sosial mulai dari bagikan masker, handsanitizer, sebar makan siang gratis dan bagikan sembako kepada para warga terdampak covid-19 di beberapa titik ibukota dan sekitarnya. Baik yang dilakukan secara mandiri maupun bekerjasama dengan pihak lain. Aktifitas outdoor gugus tugas lawan covid-19 yang dibentuk Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Konas Menwa) Indonesia itu itu bukannya tanpa resiko, tetapi tetap harus dilakukan karena Resimen mahasiswa (menwa) harus turut serta dalam aksi Bela negara melawan covid-19 secara langsung. Sesuai dengan doktrin perjuangan korps baret ungu ini, serta kualifikasi tanggap bencana yang dimiliki organisasi kader muda bela negara ini. Setelah minggu lalu mengikuti rapid test massal bersama Relawan Indonesia Bersatu dan BIN, kini pasukan berbaret ungu ini Kembali melakukan bakti sosial, kali ini bersama dengan Dirjen Pothan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Sabtu pagi, 25/4/2020, kesibukan meningkat di salah satu kantor milik Kemenhan RI yang terletak di Kawasan Cawang. Tampak sepasukan Menwa Indonesia berseragam PDL hijau dengan baret ungunya tengah melakukan seremonial kecil bersama jajaran Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Seremonial kecil dengan standar prtotokol covid-19 yang dilakukan ditengah lapangan itu sebagai pembukaan bakti sosial bersama antara Menwa Indonesia dan Kemenhan RI. Baksos yang dilakukan berupa pembagian bantuan sosial berupa paket bahan makanan yakni ayam dan telur. Sejumlah 1250 paket ayam dan telur ini disiapkan pihak Dirjen Pothan Kemenhan untuk kemudian dibantu pendistribusiannya oleh taskforces Menwa Indonesia Lawan Covid-19 ke seluruh penjuru Jabodetabek. Setelah seremonial dan pembagian wilayah distribusi, maka Direktur Bela Negara melepas para relawan Taskforces Menwa Indonesia lawan Covid untuk mendistribusikan langsung kepada para warga yang terdampak covid-19. Serentak sekitar 50 personil Menwa Indonesia dan alumninya yang dipimpin langsung oleh Wadankonas Menwa Indonesia Erwin H. Al-Jakartaty menyebar di seantero penjuru Jakarta. “Baksos untuk ringankan para terdampak covid-19 ini telah beberapa kali kami laksanakan dalam tiga bulan terakhir. Kali ini bersama dengan jajaran Dirbelneg Kemhan. Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas kepedulian Kemenhan RI khususnya Direktur Bela Negara dan jajarannya atas kegiatan sosial ini. Selanjutnya kami telah membagi beberapa tim untuk pendistribusian bantuan ini ke masyarakat,” kata Erwin H. Al-Jakartaty, yang merupakan salah seorang kader muda bangsa yang cukup memiliki pengalaman dalam operasi tanggap bencana di Indonesia.

Taskforces Menwa Indonesia lawan covid-19 ini merupakan organ taktis managemen bencana guna menghadapi covid-19, yang memiliki struktur bersendikan tiga pilar utama yakni Divisi administrasi dan pendataan dipimpin oleh M. Arwani Denny (Kaskonas Menwa Indonesia), Emmanuel M. Kota (Wadanmenwa Jayakarta) untuk Divisi Personil dan Hubungan Kelembagaan serta Divisi Operasional oleh Agung Gunawan (Kosiops Menwa Indonesia) selain itu juga memiliki Divisi Diklat, Logistik dan Divisi Kesehatan yang di gawangi oleh dr. Primastyo Agatha dan dr. Rinny Marthavinna.

Kendali operasi baksos berada di Poskotis Taskforces Menwa Indonesia lawan Covid 19. Pendistribusian 1250 paket itu di laksanakan selama kurang lebih tiga jam dari mulai penerimaan dari Kemenhan hingga ke warga penerima. Mengingat bahwa bahan makanan itu, terutama daging ayam potong, rentan tidak segar lagi jika terlalu lama diterima warga. Meskipun telah dibekukan. Kalau telur mungkin bisa tahan 3-4 hari lagi. Hal ini turut ditegaskan oleh Direktur Belneg Kemhan Brigjen TNI Jubei Levianto, dalam pengarahannya pagi itu kepada para peserta baksos. “Kami dengan suka cita merangkul potensi Menwa dalam aksi bela negara lawan covid-19 ini, karena Menwa sudah terlatih dalam soal tanggap bencana. Baksos kita ini sederhana saja yakni mendistribusikan bahan makanan berupa ayam potong segar dan telur, sekitar 1.250 paket. Paket bansos ini harus segera terdistribusikan dalam tiga jam, mengingat jika lebih dari itu dikuatirkan hilang kesegarannya kecuali telur yang bisa tahan tiga atau empat hari. Kami yakin adik-adik menwa dan alumni telah mempunyai data penerima se-jabodetabek, jadi bisa terdistribusi dengan baik,” kata Brigjen TNI Jubei Levianto. Sebelum melaksanakan pendistribusian, dilakukan serah terima bansos dari Dirbelneg Kemhan RI, Brigjen TNI Jubei Levianto kepada Taskforces Menwa Indonesia Lawan Covid-19 yang diwakili oleh Kaskonas Menwa Indonesia, M. Arwani Denni.

 

Kerjasama Baksos antara Direktur Bela Negara Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemenhan RI dan KOnas Menwa Indonesia melalui Taskforces Menwa Indonesia lawan Covid-19 ini merupakan bentuk sinerjisitas yang baik antara elemen kebangsaan. Lebih tepatnya merupakan Kerjasama kegiatan sosial layaknya antara anak dan Bapak. Menginta bahwa Resimen Mahasiswa merupakan organisasi yang menghimpun potensi mahasiswa/kader muda bangsa yang gandrung akan semangat bela negara dan nilai-nilai patriotisme, sedangkan Direktorat Potensi Pertahananan Kemenhan merupakan institusi formil negara dalam membina setiap elemen kebangsaan yang memiliki potensi pertahanan nasional. Meski yang dilakukan kedua elemen “Bapak dan Anak” ini masih belum berskala besar namun setidaknya apa bakti sosial ini merupakan wujud kepedulian bersama kepada masyarakat yang terdampak covid-19. Semoga Pandemi ini lekas berakhir.

Wilayah sasaran baksos kali ini meliputi daerah Penjaringan, Pademangan, Tanjung Priok, Koja, Cilincing, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Jagakarsa, Mampang Prapatan, Depok, Cileungsi, Bekasi, Rawamangun, Pulogadung, Ciracas, Cikini, Kemayoran, Cengkareng, Kedoya, Tangerang, Tangerang Selatan, dll. Yang pendistribusiannya diantar langsung oleh para anggota Menwa dari data penerima yang telah disusunnya secara mandiri melalui jaringannya.(**)

PEWARTA: SHOPIE SUPRIATIN

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat