SELAMAT DATANG
MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
HARI KARTINI : SERUAN ANISYAH TUKAN UNTUK PEREMPUAN DESA

HARI KARTINI : SERUAN ANISYAH TUKAN UNTUK PEREMPUAN DESA

CORPS NEWS,FLOTIM-Raden Adjeng Kartini lahir di Jepara, Jawa tengah, 21 april 1879 ,meninggal di rembang, jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh Suku jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi. Hari lahirnya Kartini kemudian ditetapkan untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Di masah hidupnya Kartini kerap kali melakukan perlawanan Mulai dari menggencarkan kampanye pendidikan terhadap kaum inlander rakyat Indonesia khususnya perempuan sebagai salah-satu bentuk perlawanan terhadap budaya diskriminasi yang dialami oleh perempuan Indonesia.Tepat jika Kartini dapat dijadikan sebagai inspirasi rakyat Indonesia khususnya kaum perempuan untuk berjuang atas diskriminasi yang dialami baik secara ekonomi, politik, social-budaya.

Perempuan pendidik 

seperti yang kita ketahui sampai dengan saat ini diskriminasi yang dialami perempuan secara ekonomi, politik dan sosial budaya masih saja dialami perempuan dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. Mulai dari kesenjangan upah antara laki-laki dan perempuan, pengekangan perempuan terhadap kehidupan gelanggang politik dan berorganisasi, kemudian perempuan dijadikan sebagai objek diperdagangkan, partisipasi pendidikan yang rendah kaum perempuan khususnya di pedesaan, hingga budaya patrialkal dan liberal yang masih memposisikan perempuan lebih rendah harkat dan martabatnya di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Tangguh sekaligus rentan

Artinya memperingati hari Kartini bukan sebagai ajang seremonial semata tapi bagaimana kita meneladani dan melanjutkan perjuangan perempuan yang samapai saat ini masih dalam belenggu budaya feodal patriarki.yang perlu kita ingat juga bahwasanya pembebasan perempuan juga tdak lepas dari pembebasan rakyat di sektor lainnya. Sehingga perlu bagi kaum perempuan untuk bersama dengan kals buruh dan kaum tani serta rakyat di sektor lainnya untuk melawan dominasi imperial

Serikat Perempuan Indonesia: selamat Hari Kartini

 

Loading...

 

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat