Cegah Virus Corona, HAKLI Provinsi NTT Bersama Tim lakukan Penyemprotan Desinfeksi.

Cegah Virus Corona, HAKLI Provinsi NTT Bersama Tim lakukan Penyemprotan Desinfeksi.

Corpsnews.com, Kota Kupang – Cegah Virus Corona, Organisasi Profesi Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), bersama tim lakukan Penyemprotan Desinfeksi di ASDP Bolok Kupang, NTT. Senin, 13/04/2020.

Micael Johan S. Takesan, SKM, MSi,
Selaku Ketua Umum Pengurus HAKLI Provinsi NTT menyampaikan bahwa dipercayakan oleh Gubernur NTT, melalui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT untuk mengkoordinir kegiatan desinfeksi terhadap sarana perkantoran lingkup Setda Provinsi NTT baik di Sekolah, tempat Ibadah, pasar, lokasi wisata, se kota kupang, ASDP Bolok, Pelindo 3 Tenau kpg dan Angkasa Pura yang sudah Kegiatan desinfeksi dilakukan dalam rangka pencegahan Covid – 19, ungkapnya.

Tim yang tergabung bersama kami dalam mendukung kegiatan desinfeksi sebanyak 45 orang, dimana yang tergabung dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Provinsi NTT, Kodim Kupang Kota, Poltekes kupang serta Organisasi Jaringan Mahasiswa Kesehatan Kota Kupang (JMK3), kegiatan sudah dilaksanakan selama 13 hari, dan kami tim desinfeksi akan selalu siap setiap saat dan waktu untuk membantu Pemerintah dan masyarakat apabila diperlukan, tuturnya.

“Bagi bpk/mama dan saudara/i semua yg di rumah agar lebih sering membersihkan atau mengepel lantai rumah menggunakan desinfektan (bayclin, wipol atau pemutih dan lainnya), dengan takaran/dosis Bayclin : 3 tutup botol ke dalam 1 liter air, sedangkan wipol : 2 tutup wipol ke dalam 1 liter air dan bahan desinfektan lain sesuai dosis/indikasi yang diperisyaratkan sesuai pabrikan dgn tetap mengacu pada protokol desinfeksi sesuai Peraturan Menteri Kesehatan/WHO. Tidak diperkenankan mencampur 2 atau lebih desinfektan utk melakukan disinfeksi karena tidak akan ada reaksi membunuh virus melainkan akan menimbulkan keracunan pada manusia ataupun hewan”, jelasnya.

Kami dari Tim Desinfeksi juga berharp bahwa semua tempat yang teriindikasi punya potensi penularan Covid-19 agar segera dilaporkan ke Posko Gugus Covid- 19 utk segera didesinfeksi untuk memutuskan mata rantai penularannya, harapnya.

Menurut Bruno Lion, koordinator tim desinfeksi, Mahasiswa Poltekes Kemenkes Kupang, sekaligus sebagai anggota aktif Organisasi JMK3 mengatakan bahwa setiap orang memiliki tanggung jawab terhadap orang lain dengan tidak ikut menyebar virus Corona, terangnya.

Salah satu upaya yang kami lakukan untuk mencegah dan atau memutuskan mata rantai penularan virus corana yaitu melakukan penyemprotan desinfeksi, selain itu kita juga memberi contoh, harus menjaga jarak, tdak bersentuhan tangan dengan orang lain, menerapkan etika batuk, memakai masker, mencuci tangan dan juga menerapakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dimnapun kita berada, kata Mahasiswa yang berasal dari Program Studi Sanitasi di Poltekes Kupang itu.

Harapan saya bagi semua Mahasiswa Kesehatan di Kota Kupang mesti menjadi panutan bagi orang lain di masyarakat, dapat melakukan langkah-langkah baik dalam hal mencegah Virus Corona yang sudah mendunia ini, tutupnya.

Loading...

*Fiand*

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat