Loading...

Jadi Anggota LEMTARI, Warga Malaka Ini ditolak Kepala Desa Berikan SKTM

0

CORPSNEWS, MALAKA – Ditengah warga lagi bahu membahu hadapi musibah pandemi Corona, Sungguh sebuah kenyataan yang pahit di alami warga Desa Litamali Kec. Kobalima Kabupaten Malaka NTT.

Pasalnya warga yang telah memiki KTP Desa Litamali sejak tahun 1985 ini tidak lagi di akui oleh Kepala desanya sendiri dengan sebuah alasan yang tidak jelas sehingga ditolak oleh kepala Desa Litamali saat hendak membuat SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) atas permintaan puskesmas Namfalus yang berada di desa rainawa, kec kobalima, kab Malaka NTT.

Kepada awak media warga Litamali yang bernama Ibu Tresia julia nininirang istri dari bapak Alfonsius teti ini mengungkapkan dirinya bersama keluarga ditolak kepala desa Litamali untuk diberikan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) karena tidak lagi di akui oleh Kepala desa Litamali sebagai warganya dengan sebuah alasan yang tidak jelas.Sabtu 4/4/2020.

“Kepala Desa Litamali menolak membuat SKTM karena katanya nama saya bersama keluarga sudah di blokir sebagai warga Desa Litamali, padahal suami saya Asli dari Litamali dan sudah punya KTP sejak tahun 1985.” Ujar Ibu Tresia julia nininirang saat di temui awak media di puskesmas Namgalus.

Ibu T. Julia Nininirang saat ini sedang berada Puskesmas Namgalus yang beralamat di Desa Rainawa, Kec Kobalima, Kab Malaka NTT karena bersalin sejak tanggal 2 April 2020 Lalu.

Loading...

Menurut ibu Julia seharusnya hari ini sabtu 4/4/2020 sudah di anjurkan dokter untuk boleh pulang, akan tetapi harus terlebih dahulu mengambil SKTM dari desa Litamali Vincentius Manek sebagai syarat untuk memenuhi biaya administrasi.

“Hari ini Dokter sudah suruh boleh pulang, tapi harus ambil dulu SKTM di Kepala Desa Litamali Vincentius Manek.”Ujar Ibu Julia dengan wajah sedih.

Lebih lanjut ibu Julia Menuturkan, ketika hendak mengambil SKTM, Kepala Desa Litamali Vincentius Manek menolak memberikan SKTM, dengan alasan namanya bersama keluarga sudah di blokir sebagai warga Desa Litamali karena menjadi anggota LEMTARI (Lembaga Adat Republik Indonesia)

Loading...

“Karena Dokter menyuruh, jadi Suami saya pergi ke kepala desa untuk minta SKTM, tapi Kepala Desa tidak mau  berikan SKTM  alasanya, nama kami di blokir, karena kami masyarakat Lemtari.”Ujar Ibu Julia Menambahkan.

Akibat tidak diberikan SKTM oleh kepala Desa Litamali sampai berita ini di turunkan ibu Julia bersama bayinya yang baru lahir  masih ditahan di puskesmas Namgalus.(**)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...