CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Beginilah LOKAKARYA Mini Lintas Sektor APTD Puskesmas Waipukang Lembata.

Corpsnews – Lokakarya mini lintas sektor APTD Puskesmas Waipukang Lembata dimulai pukul 10.00 WITA. Kegiatan ini dibuka langsung secara resmi oleh Stanislaus Kabesa, selaku Camat di Kecamatan Ile Ape dengan dihadiri juga Kepala Desa sebagai perwakilan masyarakat, Dinas Kesehatan dan Puskemas sebagai lembaga kesehatan dan lintas sektor lain bersama bergandengan tangan untuk masyarakat Ile Ape sehat secara mandiri, di Aula Kantor Desa Laranwutun, rabu, 18/03/2020.

Elin Diaz, selaku Panitia menjelaskan bahwa Kegiatan ini untuk mengkaji hasil kerja sama lintas sektor dan tersusunnya rencana kerja tribulanan berikutnya, lebih khususnya dibahas dan dipecahkan secara bersama masalah lintas sektor yang dihadapi, jumlah peserta loka karya mini lintas sektor tingkat kecamatan Ile Ape sebanyak 90 orang. Kegiatan ini dilakukan dengan presentasi dan diskusi bersama. Sumber biaya kegiatan ini dari BPA Dinas Kesehatan, (Dinkes) tahun anggaran 2020, jelasnya.

Bies, Selaku bagian Bidang Sumber Daya Kesehatan, dalam sambutannya mengatakan bahwa Kita dihadapkan beban ganda yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular. Kita belum tuntaskan penyakit tidak menular seperti jantung, hipertensi, muncul lagi penyakit menular yakni penyakit TB, DBD, dan isu yang paling menarik adalah Virus Corona, ini menjadi tanggung jawab kita bersama, mari kita bersama membersihkan lingkungan kita agar bebas dari penyakit-penyakit tersebut, tuturnya.

Lanjut Bies bahwa “Kita tidak perlu panik tentang Covid – 19, tetapi justru kita lakukan pencegahan dengan memulai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, (PHBS) karena masih ada hal yang lebih memperihatinkan yaitu DBD”, tegasnya.

Menurut Stanius Kebesa, Selaku Camat kecamatan Ile Ape dalam sambutannya mengatakan “jangan panik dengan Corona, waspada itu penting, namun yang tak kalah penting adalah AIDS. Obat untuk AIDS hanya satu yaitu IMAN, karena AIDS kependekan dari Allah Ingin Dunia Sadar”. Kata-kata ini adalah ala-ala masyarakat Kecamatan Ile Ape.

Kesehatan itu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan jiwa yang sehat, perlu ada sinergi, oleh karena itu, saya berharap pertemuan kita pada hari ini menjadikan agenda-agenda yang tertinggal di tahun 2019 harus di lanjutkan di tahun 2020. Kuncinya hanya satu yaitu SIAP MAJU, supaya selalu sinergi antar lintas sektor. Jika selalu bersinergi bagus maka ada inovasi baru untuk kegiatan kita kedepan, harapnya.

“Khusus untuk sekolah tingkat dasar kita sudah sepakat bahwa penerimaan murid TK paud itu melampirkan ijasah lolos posyandu 3 (tiga) tahun yang tandatangani oleh Kepala Desa, jika tidak harus ditolak, karena dia tidak akan membuahkan hasil apa-apa. Sehingga di tingkat Sekolah Dasar, harus menerima murid baru yang memiliki Ijasah TK Paud”, tambah Camat Ile Ape itu.

Kegiatan ini sangat menarik, dimana dilanjutkan dengan sosialisasi tentang Virus Corona dan Demam Berdarah Dengue, (DBD) yang dibawakan oleh Dokter Fransiska Du’a Odang. Dalam materi tentang Virus Corona, Dokter Fransiska menekankan kepada masyarakat untuk setiap orang selalu selipkan botol kecil seperti botol parfum yang kecil di saku atau tas untuk bisa mencuci tangan tangan setelah memegang benda sekecil apapun, terangnya.

Loading...

Sedangkan untuk DBD, “Apabila ada anak atau sanak saudara terkena demam lebih dari dua hari, harus dibawah ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk mengetahui secara pasti dari gejala tersebut”.

“Jangan tegah melihat darah diambil secara terus menerus karena untuk melihat ada trombosit atau tidak. Hal ini untuk mengetahui positif DBD atau tidak. Pemerikasaan gejala DBD selalu dilakukan pada hari ke dua karena pada gejala DBD selalu muncul di hari ke kedua, sehingga jangan heran jika diambil darahnya setipa hari hingga sampai hari ke tujuh untuk melihat perkembangannya. Untuk tahun ini kita sudah cukup tinggi terkait pengetahuan masyarakat tentang DBD dibandingkan tahun lalu”, tutupnya.

*Iren/Fiand*

Terbitkan Pada: 22 Maret 2020 by Corps News

BAGIKAN :
Share
Loading...
Loading...
Loading...
SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat