CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

Cegah Publik Marah, KNPI Minta Kepala BPIP di Evaluasi

Senayan, Rabu 12 Februari 2020. Pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Yudian Wahyudi dalam salah satu wawancara yang menyebutkan agama sebagai musuh terbesar Pancasila merupakan pernyataan yang sangat berbahaya.

Pernyataan ini selayaknya tidak keluar dari kepala BPIP yang secara prinsip bertugas mengarusutamakan semangat persatuan sebagai salah satu sila Pancasila.

Diskursus relasi Pancasila dan agama secara objektif memang kerap hadir dalam lapis historis perjalanan bangsa. Namun, mengatakan agama sebagai musuh terbesar Pancasila jelas adalah pernyataan yang sesat.

Agama adalah bagian yang inheren dalam Pancasila. Penerimaan dua ormas islam terbesar (NU dan Muhammadiyah) jelas menunjukan relasi diantara agama dan Pancasila tidak bermasalah sama sekali. Bahkan saling menguatkan.

Fakta adanya perilaku sebagian kecil umat beragama yang tidak sejalan dengan Pancasila tentu harus mendapat catatan. Namun, melakukan generalisasi dengan menjadikan agama sebagai subjek tertuduh jelas merupakan sebuah pernyataan paradoks yang berbahaya.

Kepala BPIP seharusnya melakukan komunikasi publik yang konstruktif. Jika tidak sanggup, lebih baik mengundurkan diri. Presiden harus melakukan evaluasi terhadap kepemimpinan BPIP. Jika hal ini dibiarkan, kemarahan publik akan beresonansi secara meluas. Sesuatu yang seharusnya tidak terjadi. Ucap Ketua Bidang Penegakan Ideologi Pancasila Azhar Adam tegasnya.

Terbitkan Pada: 12 Februari 2020 by Corps News

BAGIKAN :
Share
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat