SELAMAT DATANG
MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
50 Hektar Sawah Di Nagari Supayang Solok Di Terjang Galodo

50 Hektar Sawah Di Nagari Supayang Solok Di Terjang Galodo

Solok,Corpsnews.com – Galodo ( Banjir bandang ) yang di akibatkan meluap nya air dari Lubuak Talang di nagari Supayang pada Sabtu (8/2) dini hari, pupuskan harapan masyarakat setelah puluhan hektar sawah siap tanam ditimbun pasir dan batu.

Tak kurang dari 50 hektar sawah masyarakat dengan padi “elok disiang” ( lagi bagus – bagus dan sudah seharusnya di bersihkan dari berbagai rumput di sawah )  porak poranda akibat galodo yang tak disangka – sangka datang melewati persawahan masyarakat

“Sawah-sawah yang tertimbun galodo ini umumnya berisi padi elok disiang,” ujar Liza salah satu warga Supayang yang juga penggiat KTNA ( Kontak Tani Nelayan Andalan )

Mewakili masyarakat Supayang, Liza berharap ada penanganan secepatnya dari Pemerintah agar perekonomian masyarakat tidak terganggu. Baik untuk membuang material yang terbawah Galodo hingga menimbun sawah maupun perbaikan irigasi

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kab. Solok melalui Kabid SDA Nopelius, ST, MT mengatakan bahwa pemerintah akan segera mengambil tindakan. Langkah awal adalah mengumpulkan data dan dokumentasi untuk kemudian dilaporkan kepada Bupati dan instansi terkait lainnya yang lebih tinggi.

Nantinya akan diambil tindakan sesuai dengan kapasitas instansi, baik oleh Pemerintah daerah melalui Dinas PUPR, atau melalui instansi terkait ditingkat propinsi maupun Kementerian PUPR di Jakarta.

“Agar kondisi ini tidak larut, sehingga masyarakat dapat kembali mengolah lahan pertaniannya,” ( Suha news )

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat