SELAMAT DATANG
MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Sembilan Desa di Brebes Dikepung Banjir

Sembilan Desa di Brebes Dikepung Banjir

Brebes , Corpsnews.com – Sungai Babakan di wilayah Kecamatan Ketanggungan, Jumat (7/2) sore kembali meluap. Akibat luapan sungai tersebut sedikitnya sembilan desa di tiga kecamatan di Kabupaten Brebes terendam banjir,

Menurut Anggota DPRD Kabupaten Brebes, Muhammad Rizki Ubaidilah, yang juga warga Desa Ketanggungan, beberapa desa yang terdampak banjir bandang di antaranya, Desa Ketanggungan, Karangmalang, Karangbandung, Padakaton, Karangbale, Buara dan Dukuhturi. Selain itu, juga di wilayah Kecamatan Banjarharjo ada desa yang juga mengalami kebanjiran.
“Airnya cepat tinggi, banjir malam ini lebih besar dari awal bulan Januari lalu,” ucap Muhammad Rizki Ubaidilah.
Banjir kali ini, kata dia, disebabkan debit air yang mengalami peningkatan. Ditambah, kondisi tanggul di wilayah pegunungan (Desa Cikeusal) yang dulu jebol sudah diperbaiki. Sehingga, air mengalir ke dataran rendah dan meluap ke permukiman warga.

“Kondisinya sangat parah. Soalnya, air langsung turun ke bawah dan meluap ke permukiman dan persawahan. Ketinggiann mencapai 1 meter,”

Anggota dewan fraksi PDIP itu pun berharap kepada pemerintah terkait untuk bisa segera memperbaiki tanggul yang ada di bawah. Sehingga, jika debit air Sungai Babakan meningkat tidak akan terjadi musibah seperti ini lagi.
“Memang kemarin ada penanganan darurat. Tapi, alangkah baiknya dibuat penanganan yang maksimal, sehingga tidak meluap lagi,” jelasnya.
Ia pun juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak menebang pohon di wilayah pegunungan. Selain itu, reboisasi di wilayah selatan sangat penting. “Penanganan tanggul Sungai Babakan itu sudah sangat darurat. Jadi penanganannya bisa langsung dari kementerian atau dari provinsi Jateng,” pungkasnya. ( Kumparan )

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat