SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
100 Hari Jokowi – Ma’ruf: Merial Institute Rekomendasikan Pembangunan Pemuda

100 Hari Jokowi – Ma’ruf: Merial Institute Rekomendasikan Pembangunan Pemuda

Jakarta, Merial Institute sebuah lembaga yang konsentrasi dalam pembangunan studi pemuda Indonesia merekomendasikan beberapa hal dalam bidang pembangunan pemuda bertepatan pada 100 hari pemerintahan Jokowi – Ma’ruf Amin.

Merial Institute berpandangan pemerintahan Jokowi – Ma’ruf Amin sudah melakukan gebrakan demi gebrakan dalam pembangunan kualitas SDM Indonesia diantaranya pengangkatan figur figur milenial yang menduduki posisi menteri, wakil menteri dan stafsus milenial di kabinet Indonesia Maju.

Selanjutnya dalam pers releasenya, Merial Institute menyatakan bahwa ekspektasi anak muda paling realistis terhadap kehadiran staff khusus presiden dan menteri di kalangan milenial adalah adanya perubahan atau setidaknya pertunjukan perubahan pola pengembangan aspirasi, penyediaan platform suara untuk anak muda terkhusus yang marjinal, proses komunikasi dan penyebaran informasi yang membumi. Kehadirannya sudah sepatutnya memperkaya perspektif Presiden Jokowi dalam mengambil keputusan kebijakan strategis, mengingat era saat ini perubahannya luar biasa dinamis dan dasar dasar kebijakan berbasis inovasi harus digerakan.

Merial Institute menyambut baik hadirnya Pokja Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan sebagai upaya implementasi Perpres 66/2017, karena selama ini, pembangunan kepemudaan dikerjakan oleh berbagai kementerian, sehingga penyusunan program kerap terhadang oleh minimnya riset dan partisipasi pemuda. Akibatnya pencapaian dan evaluasi program tidak bisa diukur dengan baik, terdapat tumpang tindih program kepemudaan, baik itu program yang mencangkup isu kepemudaan, kepemimpinan dan kewirausahaan pemuda.

Selanjutnya yang disoroti adalah tentang indeks Pembangunan Pemuda (IPP), Merial Institute memandang lemahnya koordinasi lintas sektor dalam penerapan implementasi IPP menyebabkan pemetaan masalah dan kebutuhan yang tidak utuh, sehingga solusi yang dihasilkan jauh panggang dari api.

Sehingga Merial Institute sebagai perwakilan unsur masyarakat yang selama ini terlibat dalam Pokja Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan untuk membantu mengimplementasikan Perpres 66/2017 merekomendasikan sbb :

1. Mengoptimalkan koordinasi lintas sektor melalui Kemenpora sebagai leading sector dan monitoring implementasi melalui staff khusus Presiden

2. Sesuai visi Presiden, hambatan pelayanan kepemudaan perlu diatasi dengan fokus pada peningkatan kesempatan kerja, kemandirian dan kewirausahaan, serta perlindungan dari prilaku beresiko

Loading...

3. RAN diharapkan dapat segera dilaksanakan dan menjadi rujukan bagi penyusunan RAD ditingkat provinsi, Kabupaten/Kota dengan indikator yang terdapat pada Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

 

 

BAGIKAN :
Share
Loading...
Loading...
Loading...
SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat