CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

Di Minta Waspada Kepada Masyarakat Dengan Mulai Aktif Gunung Merapi Bawah Laut Mukomuko

 

Bengkulu  – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta warga mewaspadai kemungkinan gunung berapi berada di dalam dasar laut di daerah itu menjadi aktif. Dikhawatirkan bila aktivitas gunung berapi meningkat bisa menimbulkan bencana alam gempa bumi dan tsunami.

Bagaimana pun harus disampaikan ke warga kemungkinan gunung berapi bawah laut menjadi aktif. Jangan sampai setelah terjadi bencana, kami yang disalahkan,” kata Kepala BPBD Kabupaten Mukomuko, Ramdani, di Mukomuko, 

Ramdani mengatakan hal itu menanggapi keterangan dari pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), saat memberikan penyuluhan di sekolah tangguh di daerah itu. Dalam keterangannya, menyalahkan keterangan dari pihak BNPB itu, karena berbagai kemungkinan bisa saja terjadi dan membuat gunung berapi itu menjadi aktif.

Apa lagi menurut Ramdani, di Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, pernah mengalami Bencana Gempa Bumi disusul dengan Tsunami.

Dengan adanya peristiwa Gempa bumi di Mentawai tersebut ujar Ramdani, bisa saja meningkatkan status gunung berapi di bawah laut tersebut menjadi aktif.

Kendati demikian, Ramdani, pihaknya tidak bisa menetapkan status gunung berapi di dasar laut di daerah itu aktif, sebelum adanya pengujian dari ahli gunung berapi. Yang bisa dilakukan sekarang, meningkatkan kewaspadaan dan kesiap siagaan dalam menghadapi berbagai bencana alam yang melanda daerah

“Untuk itu BNPB melakukan penyuluhan di sekolah agar menjadi tangguh dalam menghadapi bencana alam,” tutup Ramdani ( Merdeka.com )

Terbitkan Pada: 3 Januari 2020 by Corps News

BAGIKAN :
Share
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat