SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

DATA 267 JUTA AKUN FACEBOOK BOCOR DI INTERNET JELANG TAHUN BARU

Jakarta, corpsnews – Menjelang akhir tahun lagi-lagi ada kabar gak enak yang membahas tentang Facebook. Peneliti keamanan siber menemukan basis data dari pengguna Facebook yang datanya bocor di internet.

Peneliti bernama Bob Diachenko mengatakan, ada database yang berisi nama, nomor telepon, dan identitas unik pengguna dari 267 akun Facebook bocor begitu saja di internet. Dugaan Diachenko, data tersebut dipanen oleh pihak kriminal di dunia siber.

Basis data yang ditemukan Diachenko berasal dari mesin peramban dan dapat diakses secara online, dirilis dalam 10 hari sejak tanggal 4 Desember 2019. Bereaksi, dapat diakses oleh pemilik akun Facebook yang bocor dari Amerika Serikat.

Diachenko yang berbasisnya di Kyiv, Ukraina ini menerima orang yang mengunduh database tersebut ke forum hacker 2 hari sebelum dia menerima. Jadi, dari forum mengerti database ini bisa diakses oleh para penjahat siber.

Tak lama setelah menemukan data yang bocor itu, Diachenko melaporkan temuannya itu ke situs berita teknologi, Comparitech , lalu bekerja sama mencari tahu lebih dalam soal isu ini.

Setelah meriset beberapa hari, mereka menemukan bukti yang menunjukkan data pengguna Facebook yang dikumpulkan secara ilegal oleh penjahat siber di Vietnam. Tuntutan data mereka dari Facebook Halaman yang diaturnya bisa dilihat oleh publik dengan bantuan Bot.

Mengutip Marketwatch , perwakilan Facebook mengatakan sedang menginvestigasi terkait masalah ini dan meyakini ada yang perlu dilakukan pembobolan data tersebut dilakukan sebelum Facebook melakukan pengukuran proteksi data.

Facebook sudah jadi ‘makanan sehari-hari’ Facebook tentang data bocor. Pada 2018, Facebook menentang skandal besar yang melibatkan lembaga politik Cambridge Analytica yang membutuhkan data 87 juta akun Facebook untuk mensukseskan kampanye Donald Trump.

Loading...

Kemudian pada Maret 2019, Facebook mengumumkan bahwa perusahaan telah menyetujui kata sandi dari seluruh juta penggunanya didistribusikan di server internal dan dapat dibaca oleh para karyawannya.

Kemudian belum lama ini, sekitar bulan September, TechCrunch hadir mewartakan para peneliti yang menemukan identitas dan nomor telepon dari 400 juta akun Facebook yang juga tersebar di internet.[borbornews]

BAGIKAN :
Share
Loading...
Loading...
Loading...
SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat