CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Peran Orang Tua Penting untuk Menunjang Perkembangan Kecerdasan Emosional Buah Hati

BAGIKAN :

Gorontalo. Corpsnews.Com — Anak cerdas merupakan harapan semua orang tua, sehingga menjadikan anak cerdas sejak dini merupakan sebuah tanggung jawab utama dari semua orang tua.

Membangun Kecerdasan Emosional Anak seperti anak berusia lima Tahun Prabowo Zulfianto Hasan. Sejak Usia satu tahun Ayahnya itu telah membangun kecerdasan emosional dan membangun kecerdasan intelektualnya. Kecerdasan emosional berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk melihat, memahami, mengatur, dan mengungkapkan peristiwa emosional sesuai dengan keadaan. (30/10)

Di setiap Orang tua sebaiknya memahami sisi psikologi usia dini, termasuk dalam hal kecerdasan emosional anak. Kemampuan ini memang dapat tumbuh secara alami, tetapi tentunya tetap dibutuhkan dukungan dari lingkungan sekitar agar anak dapat mengembangkan kecerdasan emosionalnya.

Loading...

Peran orang tua sangat penting untuk menunjang perkembangan kecerdasan emosional buah hati. Ini dia beberapa
hal yang bisa ayah dan Bunda lakukan untuk membangun kecerdasan emosional buah hati sejak usia dini.

Foto: Prabowo Zulfianto Hasan (Gorontalo)

 

Loading...

Bantu Anak Mengenali Emosinya Sendiri cukup sederhana dengan tiga Cara. Pertama membangun kecerdasan emosional anak sejak dini. membantu anak mengenali emosinya orang tua harus membantu buat hati mengenali atau mengindentifikasi emosinya sendiri, seperti senang, marah, sedih, maupun kecewa.

Kedua menjelaskan tentang apa yang dirasakan buah hati; ayah dan Bunda juga sebaiknya menjelaskan apa akibatnya bagi orang lain bila buah hati senang, marah, dan sebagainya. Setelah buah hati memahami emosinya sendiri, biarkan dia menyampaikannya dengan cara yang unik, seperti melalui tulisan atau gambar.

Ketiga eksperimen yang dilakukannya, salah satunya dengan menunjukkan gambar yang mewakili beberapa ekspresi emosi dan membiarkan buah hati memilih gambar yang mewakili emosinya. Selanjutnya biarkan buah hati bercerita tentang emosi yang dirasakannya.

Loading...

Apapun yang dirasakan Oleh sang buah hati seperti Prabowo Zulfianto ini, pastikan ayah dan bunda harus menghadapinya dengan positif. Misalnya bila buah hati marah, ayah/Bunda bisa mengajaknya bercanda untuk meredakan emosinya.

Jangan lupa untuk melakukan Positive parenting atau pola pengasuhan yang menghargai sudut pandang anak serta menekankan pada sikap positif.

Ini dapat membantu ayah/bunda dalam menerapkan disiplin efektif dengan interaksi menyenangkan antara orangtua dan anak. Positive Parenting bisa dilakukan dengan membantu anak merasa bangga atas dirinya dengan menunjukkan sikap positif dan penuh kasih sayang. Seperti memberi pujian saat anak bertindak benar akan memotivasi serta membangun kepercayaan diri.

Sedangkan menegur anak ketika berbuat kesalahan diterapkan dengan memberikan pengertian mengenai dampak dari tindakan yang dilakukan. Dalam pembentukan disiplin, orang tua perlu mengajarkan dengan konsisten dan memberikan konsekuensi yang jelas.

Dengan demikian, anak akan memiliki mental tangguh menghadapi perubahan dan situasi tertentu dalam kehidupan sang buah hati sehari-hari. Tutup
Rabu 30/10/2019

Editor : Zulkarnain
Copyrigth@2019|Corpsnews.Com
Jakarta – Gorontalo

Terbitkan Pada: 29 Oktober 2019 by Corps News

BAGIKAN :
Loading...
TERIMA KASIH
TELAH MENGUNJUNGI CORPSNEWS
MEDIA FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat