CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Gubernur DKI Jakarta Anies R. Baswedan Melayat Pastor Adolf Heuken: Dunia Tahu Jakarta dari Beliau

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melayat ke sejarawan Pastor Adolf Heuken SJ di Kolese Kanisius, Menteng, Jakarta, Jumat (26/7). Pastor Adolf Heuken wafat semalam dalam usia 90 tahun.
Adolf Heuken SJ adalah seorang pastor katolik, sejarawan, dan penulis yang lahir di Coesfeld, Jerman, 17 Juli 1929. Meski lahir di Jerman, Adolf Heuken jatuh cinta pada budaya Indonesia dan memilih menjadi WNI.

Meski tak mengenal secara pribadi, Anies mengaku Pastor Adolf Heuken adalah sosok yang telah mencurahkan seluruh hidupnya untuk Indonesia, khususnya Jakarta. Anies merasa akrab dengan karya-karyanya.

“Saya lebih banyak mengenal karyanya. Jadi secara interaksi langsung, tidak. Tapi karya-karyanya yang kita kenal. Karena itu kami katakan, kalau kami punya tamu, kami berikan bukunya. Tapi malah tidak berinteraksi langsung dengan beliaunya lintas generasi,” kata Anies di lokasi.

Pastor Adolf Heuken SJ. Foto: Instagram/ @periplusid

Salah satu karya Pastor Adolf Heuken yang dikenang Anies adalah Historical Sites of Jakarta. Menurutnya, buku tersebut sering dicari para turis yang datang ke Jakarta.

Loading...

“Dan sebagai jendela, beliau berjasa sekali. Dunia tahu tentang Jakarta, sejarah Jakarta dari beliau. Jadi kami di Jakarta merasa bersyukur salah seorang warganya telah ikut mendorong Jakarta dikenal dunia,” ujar Anies.

“Lalu yang tidak kalah penting adalah siapa pun yang belajar bahasa, kamus Jerman-Indonesia dan Indonesia-Jerman sejak 1980-an. Itu salah satu kontribusi besar beliau,” tambahnya.

Loading...

Anies berharap kiprah almarhum selama masa hidup menjadi inspirasi banyak masyarakat. Ia pun akan mempertimbangkan buku-buku karya Adolf Heuken dijadikan koleksi perpustakaan di Jakarta.

“Ini akan dicek seberapa banyak kita bisa. Tapi kita ingin bahwa sekarang banyak tulisan tentang Jakarta. Tapi beliau kan salah seorang yang awal menuliskan tentang Jakarta. Sekarang kita punya banyak sekali sejarawan-sejarawan yang juga khusus soal Jakarta,” tutur Anies.

Adolf Heuken SJ banyak dikenal umum dari sejumlah buku yang ditulisnya, seperti Kamus Dwibahasa Indonesia-Jerman, Deutsch-Indonesisch Wörterbuch, serta buku mengenai sejarah Jakarta berjudul Tempat-tempat Bersejarah di Jakarta.

Loading...

Selain itu ia juga membuat bibliografi mengenai sejarah Jakarta berjudul Sumber-sumber Asli Sejarah Jakarta. Ia juga menulis buku sejarah mengenai gereja dan masjid tua di Jakarta.

Semasa hidup, Adolf Heuken juga pernah menerima penghargaan Das Bundesverdienstkreuz am Bande atau Bintang Penghargaan Republik Federal Jerman pada 25 November 2008 atas jasa-jasanya dalam mengembangkan hubungan Jerman-Indonesia

Sumber : Kumparan

Terbitkan Pada: 26 Juli 2019 by Corps News

2 thoughts on “Gubernur DKI Jakarta Anies R. Baswedan Melayat Pastor Adolf Heuken: Dunia Tahu Jakarta dari Beliau

  1. What i don’t realize is in fact how you’re not really much more neatly-liked than you may
    be now. You are very intelligent. You already know therefore significantly with regards to this topic,
    made me individually imagine it from numerous varied angles.
    Its like women and men don’t seem to be fascinated unless it is one thing to do with Lady gaga!
    Your individual stuffs outstanding. At all times maintain it up! http://droga5.net/

  2. Loading...
    Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading...
TERIMA KASIH
TELAH MENGUNJUNGI CORPSNEWS
MEDIA FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat