CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

KPK Kesal Ada Temuan Izin Tambang di Kaltim Lebih Luas dari Daratan Provinsi

BAGIKAN :

Jakarta – KPK kesal bukan utama karena mendapatkan izin penambangan yang lebih luas dari penambangan yang ada di Kalimantan Timur. Hal serupa juga kata KPK ditemukan di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kalimantan Timur menurut temuan lagi, Ya, kita harus hati-hati. Masa depan yang luas di Kalimantan Timur. Itu yang lebih luas di Kalimantan Timur. Negara apa ini? Sulawesi Tenggara begitu juga. Ada negara seperti ini,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dalam diskusi Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam, di kantornya, Selasa (16/7/2019).

Dia pun mempertanyakan Mengapa hal ini harus diurus oleh KPK. Namun, dia mengatakan KPK tetap untuk memperbaiki masalah ini.

Loading...

“Dan apa yang harus dilakukan KPK yang melakukan ini?” katakanlah syarif dengan nada suara meninggi.

“KPK nggak pernah memberikan izin. Kami ingin memperbaiki, makanya, kami ikut-ikut memperbaiki, melihat kebajikan di negeri ini,” lanjut Syarif.

Loading...

Namun, dia menjelaskan detail izin dan membahasnya dengan provinsi Kaltim. Dia lalu menyinggung kasus yang pernah terjadi di Filipina.

Syarif menyebut ada kasus bernama Oposa Kasus yang terkenal di Filipina. Oposa sendiri merupakan persetujuan yang menggugat Kementerian Sumber Daya Alam Filipina atas izin yang dikeluarkan lebih luas dari daratan yang ada.

“Pengacara ini menggugat pemerintah untuk membatalkan izin itu,” ucapnya.

Loading...

Gugatan yang diundang bukan hanya atas nama pribadi, namun juga generasi yang akan datang di Filipina. Singkat cerita gugatan itu dikabulkan oleh Mahkamah Agung Filipina dan pemerintah mengeluarkan izin yang telah dikeluarkan.

“Mahkamah Agung memutus itu, hakim agungnya, Hilario Davide. Dia mengabulkan itu, atas nama lingkungan dan atas nama keadilan untuk generasi Filipina di masa yang akan datang maka pemerintah diperintahkan mereview Izin yang telah dibeli pemerintah daerah Filipina. Saya pikir itu nggak akan dapat di Indonesia. Tapi ternyata ada, “jelas Syarif.

Lebih lanjut, dia menyinggung ucapan Gubernur Kaltim soal Izin Lingkungan di sana. Syarif menilai Gubernur Kaltim tak paham aturan.

“Kalimantan Timur, lebih aneh lagi, gubernurnya menyetujui persyaratannya, dan jelasnya persyaratan baru dari Komisi Pemberantasan Korupsi, semua persyaratan di penambang di Kalimantan Timur. Pasti gubernurnya tidak ada yang terdaftar. Aneh kali ada gubernur kayak gitu,” ucap Syarif.

Syarif ikut luka tambang yang juga menyebabkan korban jiwa. Menurutnya hal itu terjadi karena dugaan korupsi di masa lalu saat proses penambangan dibiarkan dilakukan dan sulit diungkap.

“Ini banyak yang harus diperbaiki lagi. Harus ada yang bisa menyelamatkan semua orang. Coba bayangin, dia sudah mendapatkan ilegal, pasti tidak perlu pajak, sekarang orang mati lagi, seperti itu.” Ini negara apa kita ini? Apakah ada korupsinya di situ? Saya yakin ada, yakin banget tetapi siapa yang menerima uang, kapan saja menerima sudah lama seperti itu, berusaha membuktikan seperti ini, “ucapnya.

Sumber: Detiknews

Terbitkan Pada: 16 Juli 2019 by Corps News

BAGIKAN :

2 thoughts on “KPK Kesal Ada Temuan Izin Tambang di Kaltim Lebih Luas dari Daratan Provinsi

  1. I do agree with all of the ideas you have presented in your post. They are really convincing and will definitely work. Still, the posts are too short for newbies. Could you please extend them a bit from next time? Thanks for the post.

  2. Hey there! Quick question that’s completely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My web site looks weird when viewing from my iphone4. I’m trying to find a theme or plugin that might be able to fix this problem. If you have any recommendations, please share. With thanks!

  3. Loading...
    Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading...
TERIMA KASIH
TELAH MENGUNJUNGI CORPSNEWS
MEDIA FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat