CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Ahmad Mansur : Berbisnis Tidak Hanya Tentang Untung Semata, Tetapi Juga Merugi Yang Sudah Pasti Akan Terjadi

BAGIKAN :

CORPSNEWS, GORONTALO – Mantan Ketua Umum BAPCAB Partai Gerindra Kabupaten Gorontalo. Ahmad Mansur merupakan salah satu entrepreneur muda asal Gorontalo yang sepak terjangnya patut dicontoh oleh teman-teman millennials lainnya.

Pasalnya, pria kelahiran Tahuna 28 desember 1989 pernah kulia di Universitas Ichsan Gorontalo juga Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri 3 Gorontalo sudah terjun menjadi seorang pengusaha sejak berumur 17 tahun tepatnya sejak masih duduk di bangku SMA. Ia berkeinginan menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain ketimbang hanya mencari pekerjaan untuk dirinya sendiri, dan saat ini sudah memiliki tidak kurang lebih 75 mitra tersebar di Provinsi Gorontalo hingga Provinsi Lainnya.

Dan Saat ditemui di outlet usaha
terbarunya. Namanya Tenggelasel pada kamis (03/7/2019). Ia mengaku mulai mengawali bisnis dengan berjualan pulsa di tempat tinggalnya dengan bermodalkan uang sendiri hingga menghasilkan jutaan Rupiah.

Loading...

“Kalau mulai berani bisnis besar itu juga saat masih duduk bangku di SMK, dulu setiap liburan panjang dibulan Suci Ramadhan Ia jualan di pasar senggol bersama orang tuanya. Dan Itu juga jadi pengalaman paling besar pertama kali,” ujarnya.

Pengalaman waktu itu banyak sekali
yang kelak menjadi pelajaran paling penting bagi Ahmad, mengenai konsep berbisnis tidak hanya tentang untung semata, tetapi juga merugi yang sudah pasti akan terjadi.

Loading...

Padahal ijazah dan gelar yang diperoleh tidak pernah terpakai, ahmad mengaku tidak pernah kata menyesal. Baginya, sebagai seorang pengusaha pendidikan baik formal maupun non-formal adalah hal yang sangat penting.

“Menjadi wirausaha adalah proses belajar. Harus mau terus belajar, apalagi konsep-konsep bisnis terus bergerak dan berubah dinamis seiring waktu berjalan. tuturnya

hal tersebut tidak serta-merta membuatnya patah semangat, “saya memegang prinsip jika 99 kali gagal, maka harus 100 kali bangkit. Selain itu kunci berbisnis adalah komitmen dan konsistensi dalam berpartner.”
Berkomitmen untuk tidak saling mencurangi antar rekan bisnis, berkomitmen untuk bertanggung jawab jika mengalami kerugian, hingga saling membantu mempromosikan produk. Konsisten terutama dalam berinovasi dan membuat strategi bisnis, hingga memonitor usaha. Ia juga menambahkan, karena menggunakan sistem urunan modal usaha, maka harus jelas planing-nya, mulai dari siapa yang mengelola, penyamaan visi misi, perjanjian kerjasama, semuanya harus transparan dan terbuka. Sehingga dalam menjalankan cabang-cabang bisnisnya, ia tidak sendirian. Namun berkolaborasi bersama beberapa teman lainnya, “tidak mungkin saya urusi semua sendirian, kan saya bukan Superman. Tapi saya bisa membentuk Superteam,” pungkasnya.

Loading...

Tips berbisnis dari Ahmad Mansur
Kepada pembaca setia mileneal Gorontalo
yaitu: yang paling utama, menurutnya harus memiliki kemauan kuat dari dalam diri. Menjadi pengusaha sukses bukanlah keturunan, bahkan tidak ada
background pengusaha dari keluarga dan itu bukan jadi alasan. Ia belajar berbisnis dengan terjun langsung ke lapangan bahkan ada Penolakan dari keluarga, dibayar dengan pembuktian. Sebab itu normal, setiap orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya, ketika kita tekun dan dapat memberi bukti atas pilihan sendiri, maka dukungan keluarga akan mengikuti.”

Selanjutnya, senantiasa menjaga silaturahmi kepada siapapun. Memperluas pergaulan misalnya melalui komunitas dan berpikir terbuka. Dari sini juga ia bisa mengenali dan menyurvei target market bisnisnya bahkan hingga memperoleh partner bisnis yang solid.
Menurut Ahmad, modal itu bukanlah yang utama, karena dapat diatasi dengan mencari investasi dari jaringan silaturahmi. Bahkan dengan kemauan dan usaha keras, seseorang bisa memulai bisnisnya seperti menjadi reseller atau dropshipper yang tidak membutuhkan modal besar.

Menanggapi perkembangan dunia bisnis Pulsa, utamanya di Gorontalo yang perkembangamnya sangat pesat, ia mengaku senang dan semakin bersemangat.

“Alhamdulilah luar biasa sekali, setiap minggu pasti ada penghasilan. Ini berarti, kompetisi menjadi sangat menarik, adu kreatifitas dan inovasi semakin ketat. Ini yang akan membantu memperbesar dan memperluas market kita,”

Kepada generasi millennials yang memiliki keinginan menjadi entrepreneur, ahmad berpesan bahwa “apapun pilihannya, baik menjadikan kegiatan berwirausaha sebagai bisnis sampingan maupun sebagai pekerjaan utama, tidak ada yang paling benar atau keliru. Yang sukses dengan bisnis sampingannya, ada. Yang sukses dengan pekerjaan utamanya sebagai wirausaha pun banyak.”

Rezeki tidak mungkin salah alamat. Yakin saja dengan apa yang dipilih untuk dijalani. Toh uang atau harta kalau bukan milik kita akan hilang juga. Bisa lewat merugi, atau bahkan hilang karena dicuri, imbuhnya.

Sumber Zulkarnain H.

Terbitkan Pada: 4 Juli 2019 by Corps News

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading...
TERIMA KASIH
TELAH MENGUNJUNGI CORPSNEWS
MEDIA FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat