CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Geram Kepada PT Teluk Nauli, Dewan Adat Bagugu Melalui Tim Penasehat Hukum Layangkan Somasi

BAGIKAN :

JAKARTA – Telah beredar informasi di masyarakat bahwa Badan Hukum PT Teluk Nauli hendak beroperasi melakukan penebangan kayu di Wilayah dan area tanah penguasaan Dewan Adat Bagugu yang dalam penguasaan anggota masyarakat Bagugu sekitarnya di Kecamatan Hibala, Kabupaten Nias Selatan.

Hal ini dibuktikan dengan adanya kunjungan Pihak PT Teluk Nauli ke Wilayah Bagugu pada bulan Mei 2019.

Namun, kunjungan tersebut sangat disayangkan karena dilakukan tanpa ada pemberitahuan atau tanpa izin dari Dewan Adat maupun Penasehat Hukum Dewan Adat Wilayah Bagugu.

Loading...

Merespon kunjungan tanpa koordinasi dan komunikasi yang baik ini, Tim Penasehat Hukum Dewan Adat Bagugu “MARAH” karena kunjungan tanpa izin tersebut dianggap aktivitas yang tidak terkoordinasi dan tidak beretika serta melukai hati masyarakat Bagugu secara umum.

Tim Penasehat Hukum Dewan Adat Bagugu kemudian ambil sikap dengan melayangkan “SOMASI” kepada Pihak PT Teluk Nauli.

Loading...

Advokat Onesius Gaho, S.H selaku Tim Penasehat Hukum Dewan Adat Bagugu yang berkantor di Ibu Kota DKI Jakarta ini menyampaikan bahwa
“Somasi dilayangkan untuk memberitahu pihak PT Teluk Nauli bahwa aktivitas kunjungan yang mereka lakukan bulan Mei lalu telah membuat masyarakat geram karena dianggap tidak menghargai Dewan Adat dan Penasehat Hukum Dewan Adat itu sendiri” ucapnya.

Onesius mengungkapkan bahwa
“Melalui somasi ini, Dewan Adat beserta tuan tanah menyatakan keberatan atas kunjungan tersebut dan selanjutnya melarang siapapun memasuki wilayah Bagugu a quo di atas tanah masyarakat Bagugu tanpa seizin Penasehat Hukum Dewan Adat” tegasnya.

Keberatan ini dilayangkan tidak hanya Karena PT Teluk Nauli bertindak tanpa izin tetapi juga karena aktivitas PT Teluk Nauli dimasa lalu yang perlu diselesaikan secara seksama bersama Dewan Adat dan Tim Penasehat Hukum.

Loading...

Tim Penasehat Hukum juga menegaskan bahwa akan segera melakukan pemalangan tanah adat (tanah ulayat), maupun tanah hak milik masyarakat yang masuk pada geografis Wilayah Bagugu yang direncanakan oleh Pihak PT Teluk Nauli untuk dilalui dalam melakukan aktivitasnya.

Pemalangan ini termasuk pemasangan papan larangan bahwa PT Teluk Nauli tidak boleh melakukan aktivitas apapun di Wilayah yang dimaksud di atas, dan apabila dilanggar maka Tim Penasehat Hukum yang mewakili masyarakat Bagugu baik secara pribadi maupun Dewan Adat Bagugu akan melayangkan perkara ini ke jalur hukum baik secara Perdata, Pidana maupun Tata Usaha Negara.(*)

Corpsnews

Terbitkan Pada: 25 Juni 2019 by Corps News

BAGIKAN :

One thought on “Geram Kepada PT Teluk Nauli, Dewan Adat Bagugu Melalui Tim Penasehat Hukum Layangkan Somasi

  1. Loading...
    Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading...
TERIMA KASIH
TELAH MENGUNJUNGI CORPSNEWS
MEDIA FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat