CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Pemblokiran Iklan Rokok di Internet untuk Melindungi Anak

JAKARTA – Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA), Lenny N Rosalin mendukung pemblokiran iklan rokok di internet sebagaimana diminta Menteri Kesehatan Nila F Moeloek kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.
“Pada prinsipnya kami setuju pemblokiran iklan rokok di internet karena iklan rokok di internet paling mudah dilihat dan diakses anak-anak,” kata Lenny Rosalin di Jakarta, Sabtu (22/06/2019).

Lenny Rosalin mengatakan pengguna internet paling banyak adalah kaum milenial dan perokok usia milenial juga semakin meningkat. Menurut Riset Kesehatan Dasar 2018, terjadi peningkatan prevalensi perokok anak dan remaja usia 10 tahun hingga 18 tahun dari 7,2 persen pada 2013 menjadi 9,1 persen pada 2018.

Padahal, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2014–2019, menyasar prevalensi perokok usia 10 tahun hingga 18 tahun menurun menjadi 5,8 persen.

Loading...

“Angka merokok pertama kali juga semakin muda. Bila pada 2009–2014, perokok pemula berkisar usia 15 tahun hingga 19 tahun, pada 2015–2019 perokok pemula berkisar usia 10 tahun hingga 14 tahun,” tuturnya.

Deputi Tumbuh Kembang KPPA menilai salah satu penyebab peningkatan perokok pemula adalah anak sering melihat orang tua dan orang terdekatnya merokok serta sering melihat iklan di media, termasuk di internet.

Loading...

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyatakan serius untuk memblokir iklan rokok di kanal-kanal media sosial guna mencegah peningkatan jumlah perokok pemula yang menyasar anak-anak.

“Sudah ditutup, tapi harus kerja sama dengan Kemenkes, 114 yang ditutup, nanti kita akan lanjutkan,” kata Nila Moeloek di Jakarta, Selasa (18/06/2019).

Menurut Nila, saat ini belum ada regulasi mengenai pembatasan iklan rokok di media sosial. Karena itu, tim dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membahas terkait regulasi tersebut.

Loading...

Sumber : JPP

Terbitkan Pada: 23 Juni 2019 by Corps News

2 thoughts on “Pemblokiran Iklan Rokok di Internet untuk Melindungi Anak

  1. Hello would you mind stating which blog platform you’re using? I’m planning to start my own blog soon but I’m having a tough time choosing between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your design and style seems different then most blogs and I’m looking for something unique. P.S My apologies for getting off-topic but I had to ask!

  2. Loading...
    Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading...
TERIMA KASIH
TELAH MENGUNJUNGI CORPSNEWS
MEDIA FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat