CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Ahok Jadi Ketua KPK ?

BAGIKAN :

T eka-teki tentang siapa yang akan menjadi pimpinan KPK periode 2019-2023 puas mulai bermunculan. Hal ini terjadi seiring dengan telah ditunjuknya panitia seleksi (pansel) pimpinan KPK tersebut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Masukkan nama tenar masuk ke dalam panitia ini untuk menentukan nakhoda untuk komisi anti-rasuah itu.

Di satu sisi, penunjukan puding ini menimbulkan kontroversi dari sisi komposisi nama yang ada di dalam tim tersebut. Di luar itu, yang tidak kalah penting adalah pertanyaan tokoh kepemimpinan seperti apa yang akan dihasilkan panitia tersebut.

Sejauh ini, bursa calon pimpinan KPK tampak masih belum ramai gembar-gembornya. Memang, proses pemilihan ini masih akan berjalan sangat lama, tetapi masyarakat tentu saja sudah menunggu-nunggu siapa saja sosok yang akan menjadi garda terdepan dalam memberantas korupsi di negeri ini.

Loading...

Masyarakat tentu saja punya gambaran ideal tentang siapa saja yang pantas diangkat menjadi pimpinan KPK. Meski begitu, jangan lupakan pula pemilihan ketua KPK adalah proses politik yang ideal di DPR, di mana mereka juga punya pilihan yang sesuai dengan kepentingan masing-masing. Lalu, jika sudah begini, siapa kira-kira yang bisa dipilih?

Proses Politik

Benar-benar mudah. Bagaimana tidak, orang ini akan diberikan kekuatan besar untuk jadi pemberantas utama korupsi di negeri ini. Oleh karena itu, diperlukan orang yang tepat untuk di pucuk pimpinan lembaga tersebut.

Loading...

Proses pemilihan pimpinan KPK ini disoroti misalnya oleh Sofie Arjon Schutte dari University of Melbourne. Ia mengutip bahwa TIDAK ADA Proses Yang sepenuhnya berdasarkan PADA  jasaKelayakan  ) dan Politik netral hearts memilih Pejabat public, termasuk hearts Pemilihan Pimpinan KPK.

Memang,  Periksa dan Periksa  . Meski begitu, hal ini tidak membuktikan fakta pada akhirnya nama-nama yang dihasilkan oleh pansel akan melalui proses politik melalui DPR. Pada praktiknya, DPR tetap memiliki wewenang besar untuk menentukan siapa saja yang berhak menjadi pimpinan KPK.

Perlu dipertimbangkan bahwa tidak pernah ada klaim yang dapat mengulas tentang transaksi politik dalam proses pemilihan pimpinan KPK. Meski begitu, di mata banyak masyarakat sipil, kerap tercium ada kompromi yang dilakukan oleh partai-partai di DPR untuk menentukan kepemimpinan yang lebih “ramah” bagi mereka.

Loading...

Banyaknya proses politik di pemilihan ketua dan pimpinan KPK dengan ini tergambar di atas melalui para kritikus anti-korupsi manakala menerima hasil dari pemilihan di tahun 2015. Saat ini, nama-nama yang memerlukan bantuan pembangunan yang tersedia jalur yang dapat dikritisi.

Dalam konteks pemilihan pimpinan untuk periode 2019-2023, persingunggan politik ini juga bisa terjadi. Hal ini dikeluarkan oleh koalisi masyarakat sipil anti korupsi yang mempertimbangkan komposisi pansel yang rentan terhadap kepentingan elit.

Menengok Ahok

Sulit untuk bisa berbicara tentang siapa yang akan menjadi ketua KPK yang akan datang. Meskipun demikian, ada beberapa nama yang mendukung-dorong untuk maju sebagai orang nomor satu di komisi anti-rasuah tersebut.

Salah satu nama yang bisa diprediksikan adalah mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atau yang sekarang ingin disebut sebagai BTP saja. Sepintas, nama ini mungkin tidak masuk akal bagi sebagian orang. Meski begitu, ada beberapa alasan mengapa Ahok bisa saja melaju sebagai calon Ketua KPK.

Sebenarnya, nama Ahok sudah mulai dibicarakan menjadi calon Ketua KPK sejak keluar dari penjara dalam kasus penistaan ​​agama. Kala itu, para pendukungnya ingin mantan kader Partai Gerindra itu menjadi orang nomor satu di KPK.

Bagi kelompok yang kerap disebut Ahokers ini, Ahok dianggap memiliki sikap tegas selama memimpin sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ketegasannya ini mengatasi cocok untuk mengatasi masalah korupsi yang ada di negeri ini.

Terkait disebut di atas, sementara proses pemilihan melalui tim khusus akan mendahulukan meritokrasi, nyatanya proses politik tetap menjadi salah satu hal penting dalam menentukan pucuk pimpinan KPK. Dalam hal ini, Ahok memiliki keunggulan karena memiliki kedekatan dengan hubungan-ikatan utama negara ini.

Ahok misalnya tergolong dekat dengan presiden saat ini, Jokowi. Dipertanyakan pernah berpasangan sebagai gubernur dan wakil gubernur di DKI Jakarta. Hubungan ini bisa jadi masih menunggu sementara lagi berpasangan dalam jabatan publik. Dengan fakta bahwa pansel pimpinan KPK ditunjuk Jokowi, bisa saja kedekatan Ahok yang memiliki peran khusus.

Tak hanya itu, Ahok juga bisa dikategorikan memiliki kedekatan dengan partai-partai politik koalisi Jokowi, yang akan menjadi pimpinan DPR. Misalnya sekarang telah resmi menjadi kader PDIP, partai pendukung utama bagi koalisi Jokowi.

Secara spesifik, Ahok juga menunjukkan kedekatan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Mega selama ini kerap dianggap sebagai penentu utama untuk keputusan PDIP, sehingga Ahok bisa saja memiliki peluang dukungan partai tersebut jika perlu lolos ke uji calon pimpinan KPK di DPR.

Selain itu, selama ini banyak yang mempertimbangkan karir politik Ahok sudah tamat dan tak akan menang dalam pemilihan pemimpin. Namun, proses pemilihan ketua KPK sendiri proses pemilihan elektoral yang meminta pemungutan suara oleh masyarakat. Oleh karena itu, dalam proses pemilihan ketua KPK, Ahok boleh jadi takkan mendapat sorotan setajam jika ia maju dalam Pemilu.

Merujuk pada kondisi-kondisi tersebut, Ahok memiliki modal yang cukup kuat untuk melewati berbagai proses politik untuk menjadi Ketua KPK. Oleh karena itu, sementara bagi sebagian orang tidak terbayang, wajar saja jika Ahok menjadi sosok yang bisa diprediksikan untuk menjadi pemimpin selain Ketua KPK. Hal itu tentu saja dengan catatan, Ahok mau ganti dengan politik-penggantian yang mendukung.

Meski memiliki potensi, bukan berarti Ahok juga akan mudah merta menjadi Ketua KPK. Ada beberapa hal yang bisa dibatalkan, atau mendapat kritik tajam manakala benar-benar memutuskan ikut bertarung dalam pemilihan calon pimpinan KPK.

Salah satu syarat utama yang diberikan kepada calon pimpinan KPK tidak pernah melakukan tercela. Syarat ini bisa saja membuat Ahok terganjal atau lebih jadi bahan pembicaraan orang karena masa lalunya.

Yang paling mudah terlihat tentu saja kasus penistaan ​​agama yang harus dideklarasikan di penjara dan melepaskan jabatan politiknya. Memang, dalam Undang-Undang KPK tak dirinci bahwa pimpinan KPK harus tak pernah dipidana. Meski begitu, hukuman penjara yang dijalaninya bisa saja dikategorikan sebagai tindakan tercela.

Tak hanya itu, Ahok itu telah dikait-kaitkan dengan perkara korupsi semasa masih memegang sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta. Kala itu, Ahok diterima masalah tak sedap terkait dengan pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras. Selain itu, kasus ini juga pernah diterbitkan ke KPK, sehingga akan menjadi ironi jika orang yang kasusnya pernah menjadi KPK yang menjadi komisi pengawal tersebut.

Pada akhirnya, semua ini hanya sebatas prediksi. Sejauh ini, memang belum ada kabar resmi jika Ahok ikut dalam proses pemilihan pimpinan KPK. Meski demikian, dengan berbagai modal yang ia miliki, ditunggu apakah ia benar-benar akan menjadi Ketua KPK.

 Lalu, kalau menurutmu, mungkinkah Ahok akan jadi Ketua KPK? (*)

Sumber: Pintarpolitik.com

Terbitkan Pada: 21 Juni 2019 by Corps News

BAGIKAN :

18 thoughts on “Ahok Jadi Ketua KPK ?

  1. After looking into a number of the blog articles on your site, I really appreciate your technique of writing a blog. I book marked it to my bookmark site list and will be checking back soon. Take a look at my website as well and let me know how you feel.

  2. Definitely believe that which you stated. Your favorite justification seemed to be on the internet the easiest thing to be aware of. I say to you, I definitely get irked while people think about worries that they plainly don’t know about. You managed to hit the nail upon the top and defined out the whole thing without having side effect , people could take a signal. Will likely be back to get more. Thanks

  3. Good post. I learn something totally new and challenging on sites I stumbleupon every day. It will always be interesting to read through content from other authors and practice a little something from their sites.

  4. you’re really a good webmaster. The website loading speed is amazing. It seems that you are doing any unique trick. Moreover, The contents are masterwork. you’ve done a excellent job on this topic!

  5. Excellent web site you’ve got here.. Itís hard to find high-quality writing like yours these days. I truly appreciate people like you! Take care!!

  6. Ping-balik: buy Instagram likes
  7. Ping-balik: best delta 8
  8. I’ll immediately clutch your rss as I can’t to find your email subscription hyperlink or e-newsletter service. Do you’ve any? Please allow me recognize in order that I may subscribe. Thanks.

  9. Good day! I could have sworn Iíve visited this website before but after looking at a few of the articles I realized itís new to me. Anyways, Iím certainly pleased I discovered it and Iíll be book-marking it and checking back regularly!

  10. My coder is trying to convince me to move to .net from PHP. I have always disliked the idea because of the costs. But he’s tryiong none the less. I’ve been using Movable-type on several websites for about a year and am anxious about switching to another platform. I have heard very good things about blogengine.net. Is there a way I can transfer all my wordpress posts into it? Any kind of help would be greatly appreciated!

  11. Hmm is anyone else having problems with the images on this blog loading? I’m trying to determine if its a problem on my end or if it’s the blog. Any feed-back would be greatly appreciated.

  12. After looking into a few of the articles on your web site, I honestly appreciate your way of blogging. I added it to my bookmark webpage list and will be checking back soon. Please check out my web site too and let me know what you think.

  13. Loading...
    Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading...
TERIMA KASIH
TELAH MENGUNJUNGI CORPSNEWS
MEDIA FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat